Jusuf Kalla sapa peserta Gebyar 75.000 Vaksin

id Jusuf Kalla, PMI, Gebyar 75.000 vaksin

Jusuf Kalla sapa peserta Gebyar 75.000 Vaksin

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) M Jusuf Kalla saat menyapa peserta Gebyar 75.000 vaksin di Makassar, Sulsel, Rabu (1/09/2021). ANTARA/HO.

Makassar (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) M Jusuf Kalla memberi apresiasi tinggi dalam pelaksanaan Gebyar 75.000 Vaksin yang digelar Kalla Group.

“Pertama-pertama saya ingin menyampaikan selamat atas acara ini. Saya ucapkan terima kasih untuk kita semua,” kata Jusuf Kalla saat menyapa peserta vaksinasi secara virtual yang berada di Makassar, Rabu.

Kalla Group menggelar vaksinasi massal kepada masyarakat umum lewat vaksinasi bertajuk Gebyar 75.000 Vaksin Gratis. Pada pelaksanaannya, kegiatan ini merupakan gelombang ke tiga.

Bertempat di 11 titik, gelaran kali ini dilaksanakan pada 1-3 September 2021. Masyarakat umum berkesempatan mendapatkan vaksin jenis sinovac untuk dosis satu dan dua, mulai pukul 08:00 hingga 15:00 WITA dengan berkunjung ke salah satu titik vaksinasi massal.

Baca juga: JK ingatkan Pemerintah pemberian vaksin COVID-19 beda dengan sembako

Baca juga: JK kritik Menkes soal kerumitan administrasi vaksin COVID-19


"Kita semua memahami bahwa pandemi masih berjalan walaupun mengalami banyak penurunan. Vaksinasi ini harus kita laksanakan untuk mencapai target vaksinasi. Kalla Group bekerja sama dengan berbagi instansi, termasuk Pemerintah Daerah. Semoga Yayasan Hadji Kalla akan terus membantu masyarakat," urai mantan Wakil Presiden tersebut.

Subhan Djaya Mappaturung selaku Ketua Satgas COVID-19 Kalla Group mengatakan bahwa total vaksin yang telah didistribusikan dalam dua gelombang sebelumnya sebanyak lebih 27.000 dosis vaksin.

Khusus pada gelombang ke tiga ini, penyelenggara akan mendistribusikan sebanyak 48.000 dosis vaksin pada 10 kecamatan dan 11 lokasi.

Lokasi tersebut antara lain Asrama Haji Sudiang, Daya Grand Square, Universitas Islam Makassar, Universitas PIP Makassar, Universitas Negeri Makassar, Masjid Al-Markaz Jenderal Jusuf, Sekolah Islam Athirah Kajaolalido, Mal Ratu Indah, NIPAH, Universitas Ciputra, dan Hotel Four Points by Sheraton.

Kalla Group dan Yayasan Hadji Kalla sudah menyelenggarakan kurang lebih 84 kali kegiatan vaksinasi, termasuk hari ini. Sejak bulan Maret 2021, total kurang lebih 63.750 dosis vaksin yang telah didistribusikan.

"Insya Allah dengan kegiatan ini, kita menyumbang kurang lebih 10-12 persen dari target kekebalan kelompok yang ditargetkan Kota Makassar," ujarnya.

Ia berharap cakupan vaksinasi akan semakin luas, dan dapat mempercepat pembentukan kekebalan komunal.

"Terima kasih kepada 77 tim tenaga kesehatan (nakes) yang telah berkontribusi luar biasa pada kegiatan yang digelar di 11 titik ini,” ujarnya.

Gelaran Gebyar 75.000 Vaksin ini merupakan hasil kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya Yayasan Hadji Kalla, Kodam Hasanuddin, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar, Dinas Kesehatan Kota Makassar, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar.

Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal
berharap seluruh pihak dapat menjadi pioner dalam menggerakkan seluruh sumber daya untuk menciptakan kekebalan komunal di Kota Makassar.

“Khusus untuk di area NIPAH, vaksinasi dikhususkan untuk pendonor darah 10 kantong ke atas. Target kita sekitar 6.000 pendonor aktif saat ini, bisa selesai 100 persen. Alhamdulillah, Kalla Group dan seluruh komponen memberikan dukungan penuh dari awal,” ujarnya.*

Baca juga: JK: Vaksinasi COVID-19 nasional paling cepat selesai dua tahun

Baca juga: Sinergitas swasta dan pemerintah di Makassar gelar vaksinasi

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar