Sebanyak 5.000 orang menjadi peserta dalam vaksinasi yang digelar di Puspa Agro, Desa Jemundo, Kecamatan Taman
Sidoarjo (ANTARA) -
Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) Cabang Sidoarjo, Jawa Timur, menyasar wilayah padat penduduk seperti di wilayah Kecamatan Taman Sidoarjo dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19.
 
Ketua Pelaksana Vaksinasi Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan program vaksinasi itu untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

Abdullah mengatakan vaksinasi kali ini adalah program jelajah kampung dan negeri dengan menyasar masyarakat Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Baca juga: IKA Unair-Himpuni sasar 5.000 orang ikuti vaksinasi COVID-19
 
"Sebanyak 5.000 orang menjadi peserta dalam vaksinasi yang digelar di Puspa Agro, Desa Jemundo, Kecamatan Taman. Sedangkan sasarannya adalah masyarakat umum, pelajar, dan keluarga besar PLN. Program vaksinasi massal ini juga bekerja sama dengan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur," katanya.
 
Menurut General Manager PLN UID Jawa Timur Adi Priyanto, program ini juga bagian dari sapu bersih vaksinasi PLN.

"Sudah ada 12.390 orang pegawai dan tenaga alih daya di PLN IUD Jawa Timur yang telah divaksin. Upaya ini juga untuk memberikan layanan terbaik dan mendukung percepatan ekonomi nasional," kata Adi Priyanto.

Baca juga: Ika Unair Sidoarjo sasar vaksinasi COVID-19 kepada pelajar

PLN UID Jawa Timur, kata dia, juga memiliki enam pabrik oksigen yang harus dijaga keandalannya. Demikian pula dengan rumah-rumah sakit di Jawa Timur yang harus dijaga pasokan listriknya.
 
"Setiap hari petugas kami menjaga agar pasokan listrik tetap terjaga," katanya.
Sedangkan Direktur Utama PT Jatim Graha Utama Mirza Muttaqien mengatakan, pihaknya menyambut terbuka kolaborasi dengan pihak lain, termasuk PLN, dalam percepatan program vaksinasi nasional.

Baca juga: Kasus COVID-19 harian akhir pekan capai 5.001 orang, Jatim tertinggi
 
"Kegiatan ini untuk membantu program pemerintah. Kalau nggak digotong bersama-sama, percepatan vaksinasi kurang maksimal. Kami juga tak berhenti pada satu titik saja. Program Jelajah Kampung dan Pesisir ini menyasar kabupaten yang agak rendah jangkauan vaksinnya untuk kita dorong bersama-sama," kata Mirza yang juga Pengurus Pusat (PP) Ika Unair.
 
Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Syaf Satriawan mengatakan, pihaknya juga akan menggelar kegiatan vaksinasi massal dengan 30 ribu peserta. Sudah ada empat tempat yang dijadikan lokasinya yakni GOR Sidoarjo, Puspa Agro, Mall Pelayanan Publik, dan satunya di daerah Krian.

Baca juga: Unair periksa WGS pasien COVID-19 di Jatim yang bergejala tidak umum
 
"Kegiatan yang diadakan Ika Unair Sidoarjo ini sangat kami dukung agar jumlah penduduk yang divaksin meningkat. Sudah beberapa kali kami bekerja sama dengan Ika Unair Sidoarjo dalam program vaksinasi massal," katanya.
Saat ini di Sidoarjo sudah 42 persen yang telah divaksin pertama dan vaksin kedua 24 persen, serta vaksin ketiga 1 persen.
 
"Kami mengingatkan kepada orang tua yang anak-anaknya mengikuti vaksinasi massal ini juga tetap menjaga protokol kesehatan (prokes)," katanya.

Baca juga: Penerima vaksinasi lengkap capai 41,53 juta warga Indonesia
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021