Bandung (ANTARA News) - Empat seniman Jabar yang meninggal dunia pada 2010, Mang Nano S, Kang Ibing (Ibin Kusmayatna), Dewi sang kreator tari topeng serta Yan Asmi dianugerahi penghargaan dari Pemprov Jawa Barat.

Penghargaan atas karya dan kiprah seniman Jabar itu diserahkan kepada ahli warisnya pada puncak malam Kilas Balik Jabar 2010 di Gedung Merdeka Kota Bandung, Jumat.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada 16 tokoh seni, budaya dan kepariwisataan Jawa Barat.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap seniman, budayawan dan pelaku pariwisata yang punya dedikasi dan citra yang baik di Jawa Barat, nasional dan internasional," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar, Herdiwan Iing Suranta.

Sementara itu 16 tokoh seni, budaya dan pariwisata yang menerima penghargaan yang rutin digelar setiap akhir tahun itu adalah Anis Djatisunda (kategori budayawan), Tien Rostini Asikin (budayawan/tokoh penerus), Yayat Hendayana (Sastrawan/budayawan), H. Eddy D. Iskandar (Sastrawan/kreator film), Hana Rohana Suwanda (budayawan).

Kemudian Soni Farid Maulana (sastrawan kreatif), Dr. Hasan Djafar (arkeolog), Encep Suharna (kreator kuda Renggong), Hasan (kreator sandiwara), Kampung Seni Manglayang (komunitas seni), Jatiwangi Art Factory (komunitas seni).

Sedangkan penerima penghargaan dari pelaku kepariwisataan adalah Nuriata SE (pendidik pariwisata/travel), Maktal Hidayat (pemerhati pariwisata), PT. Bharawisata Mandiri (usaha biro perjalanan dan MICE), Imam Taufik (kategori akomodasi), Ferry Tristianto (kategori taman rekreasi, wisata belanja dan restoran).

Selain mendapat piagam dan plakat penghargaan, ke-20 tokoh tersebut juga akan mendapatkan kadedeuh berupa uang sebesar Rp15 juta.

Iing menjelaskan, ke-20 tokoh yang mendapatkan penghargaan itu berdasarkan hasil penilaian tim yang berjumlah dari sembilan orang yang terdiri dari H Gugum Gumbira (Ketua), Iyus Rusliana,Hj. Nina Herlina Lubis, Suhendi Afriyanto, Herry Dim, Aat Soeratin, M Liga Suryadana, Nicolaus Lumanauw dan Rusman Syarif.

Selain itu, Pemprov Jabar juga memberikan bantuan kepada Yayasan Enoch Atmadibrata sebesar Rp 50 Juta untuk pengarsipan dan pembukuan artefak kesenian Jawa Barat serta perbaikan area pemakaman Inggit Garnasih sebesar Rp25 Juta.

(S033/Y008/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010