Pemkot Bekasi buka sentra vaksinasi di Stadion Patriot

id Pembukaan sentra vaksinasi,Sentra vaksinasi stadion,Stadion Patriot Candrabhaga,Kota Bekasi,Vaksinasi COVID-19

Pemkot Bekasi buka sentra vaksinasi di Stadion Patriot

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengumpulkan perwakilan perusahaan dalam rangka vaksinasi COVID-19 pekerja pabrik di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Jumat (17/9/2021). ANTARA/Pradita Kurniawan Syah.

Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat membuka sentra vaksinasi COVID-19 di Stadion Patriot Candrabhaga di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 2 Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan untuk menjangkau masyarakat yang belum divaksin.

"Kami ingin menjangkau masyarakat lebih luas lagi sehingga semakin banyak warga Kota Bekasi yang tervaksin," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, Sabtu.

Dia mengatakan "Serbuan dan Gebrakan Vaksinasi COVID-19" dilakukan pemerintah daerah dengan memperbanyak titik lokasi vaksinasi mulai dari seluruh kelurahan dan kecamatan, fasilitas kesehatan, hingga pusat perbelanjaan serta vaksinasi massal yang diinisiasi bersama organisasi sosial kemasyarakatan di daerah itu.

"Pemerintah Kota Bekasi berupaya mempercepat pencapaian kekebalan kelompok di masyarakat, makanya titik-titik vaksinasi kami perbanyak, termasuk di stadion ini," katanya.

Baca juga: Wali Kota Bekasi ajak pekerja ikut vaksinasi

Sentra vaksinasi di stadion ini mulai dibuka untuk umum pada awal pekan depan dan beroperasi selama hari kerja, yakni Senin-Jumat. Petugas akan mengatur alur vaksinasi bagi masyarakat yang hendak divaksin, baik dosis pertama maupun kedua.

"Warga hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhannya, mau divaksin pertama atau dosis kedua. Kami telah menyiapkan beberapa merek vaksin mulai Sinovac, Astra Zenecca, hingga Pfizer khusus untuk vaksinasi di stadion," katanya.

Warga yang hendak divaksin, kata dia, cukup datang ke stadion dan langsung melakukan pendaftaran di pintu gerbang 10 stadion. Setelah mendaftar dan diperiksa kesehatannya, warga akan diarahkan menuju gerbang 12 untuk menerima suntikan vaksin hingga masa observasi.

"Warga cukup datang dengan membawa fotokopi KTP dan KK, bagi warga yang ingin disuntik dosis kedua wajib membawa bukti kartu vaksinasi dosis pertama," katanya.

Rahmat menjelaskan tujuan sentra vaksinasi di stadion mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang bingung mencari lokasi vaksinasi massal. Stadion Patriot Candrabhaga dinilai lokasinya strategis sehingga warga mudah menjangkau.

"Stadion ini kan berada di pusat kota, aksesnya mudah, areanya juga luas. Dengan beroperasinya sentra vaksinasi ini diharapkan semakin banyak warga kita yang tervaksin sehingga herd immunity juga akan tercapai lebih cepat," kata dia.

Baca juga: Kota Bekasi buka gerai pelayanan vaksinasi COVID-19 di pusat belanja
Baca juga: Kapolri minta vaksinasi dan testing PCR di Kota Bekasi ditingkatkan

Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar