Denpasar (ANTARA) - Bupati Karangasem, I Gede Dana, bersama Wabup Karangasem, I Wayan Artha Dipa, langsung bergerak cepat turun ke lokasi terparah guncangan gempa bermagnitudo 4.8 yang terjadi di darat dan berpusat di Kabupaten Karangasempada Sabtu (16/10) dinihari.

Humas Pemkab Karangasem dalam keterangan tertulis yang diterima di Denpasar, Bali Minggu, melaporkan gempa itu telah membuat ratusan rumah milik warga di Desa Pempatan (Kecamatan Rendang) dan Desa Ban (Kecamatan Kubu) rusak parah dan bahkan ada yang roboh rata dengan tanah.

Bersama dinas terkait yakni BPBD dan Dinas Sosial, Bupati-Wabup Karangasem langsung turun ke Dusun Temakung dan Jati Tuhu, guna melakukan pemetaan kebutuhan, sekaligus meninjau kerusakan rumah warga yang diakibatkan oleh gempa. Dari dua desa itu, kerusakan terparah terjadi di Desa Ban, yakni di Banjar Bunga, Banjar Cegi, Banjar Temakung dan Banjar Jatituhu.

Baca juga: Warga tiga desa di Kintamani Bangli terisolir akibat gempa Bali

"Kami atas nama pemerintah menyampaikan duka cita mendalam terhadap satu orang warga yang meninggal akibat gempa ini. Semoga keluarga yan ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan," kata Bupati Gede Dana dalam peninjauan lokasi bencana, Sabtu (16//10) sore.

Menyikapi kejadian bencana gempa bumi tersebut, Bupati Karangasem, I Gede Dana, memerintahkan Kadis Sosial dan BPBD Karangasem, untuk membangun tenda pengungsian dan memberikan batuan terpal untuk tenda tempat tinggal sementara.

"Kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa cukup parah, bahkan ada banyak rumah yang roboh. Saya sudah perintahkan BPBD dan Dinas Sosial untuk segera melakukan penanganan pasca bencana," tegas Gede Dana.

Untuk penanganan korban luka-luka, pihaknya telah mengerahkan tim medis langsung ke lokasi beserta mobil ambulans.

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, mengunjungi warga terdampak gempa di Banjar Dinas Kubakal dan Alas Ngandang, Desa Pempatan, Rendang.

Baca juga: BPBD Bali: Belasan warga Karangasem luka berat dan ringan akibat gempa

Berdasarkan data yang dicatat oleh Kawil Jatituhu, I Nyoman Sumera, menyebutkan total jumlah bangunan yang mengalami kerusakan berat, sedang hingga ringan berjumlah 90 unit, dari jumlah tersebut sebanyak 60 rumah diantaranya roboh rata dengan tanah.

"Tapi hampir seluruh rumah yang mengalami kerusakan baik sedang ringan maupun berat tidak bisa ditempati. Karena tanahnya bergerak dan ada temboknya miring dan nyaris ambruk," katanya.

Yang paling dibutuhkan warganya saat ini adalah terpal untuk membuat rumah tinggal sementara sebagai tempat mengungsi, air dan bahan makanan, termasuk obat-obatan, mengingat sebagian besar warganya mengalami luka-luka akibat terkena runtuhan bangunan.

Dalam kejadian gempa tersebut puluhan orang warganya mengalami luka-luka, dan satu orang diantaranya yakni I Luh Meryani (3) meninggal dunia.

"Rumah saya roboh, saya berusaha menyelamatkan anak dan istri saya dari reruntuhan bangunan. Tapi anak saya paling kecil saya temukan sudah meninggal dunia terkena runtuhan atap dan batako," kenang ayah bocah malang tersebut, I Nyoman Puja.

Ia berharap ada bantuan dari pemerintah, karena dirinya dan keluarga sudah tidak memiliki tempat tinggal lagi. Selain itu, anak-anaknya yang mengalami luka-luka juga memerlukan pengobatan lanjutan, selain pula dirinya harus menggelar upacara pemakaman anaknya yang meninggal dalam situasi bencana.

Data sampai Sabtu (16/10) pukul 18.00 Wita, Posko Kantor Desa Ban mencatat meninggal dunia (1 orang), luka ringan (73), rumah rusak berat (259 unit), rumah rusak ringan (366 unit), pura/tempat ibadah (101 unit).

Baca juga: Gempa tektonik M 4,4 guncang Karangasem-Lombok Utara
Baca juga: BPBD Bali: Tiga warga meninggal dunia akibat gempa magnitudo 4,8
Baca juga: Gempa M 4,8 Bali akibat sesar lokal, timbulkan sejumlah kerusakan

Pewarta: Edy M Yakub
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021