Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua akan difasilitasi sama dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang lalu.

"Tidak ada bedanya PON dan Peparnas, semua kita fasilitasi sama," tegas Zainudin Amali dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Peparnas XVI: Kesetaraan dan
Prestasi Disabilitas", Senin.

Zainudin juga meminta kepada awak media untuk memberikan porsi liputan yang sama kepada ajang Peparnas Papua sebagaimana yang dilakukan pada PON Papua yang lalu.

Menurut Zainudin, prestasi dari para atlet paragames di ajang Peparnas juga tidak kalah penting dengan atlet yang berlaga pada ajang PON.

"Prestasi dari para atlet paragames ini juga tidak kalah penting," ucap Zainudin.

Sementara itu, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bakti mengatakan bahwa ia yakin Peparnas ini akan sukses seperti halnya penyelenggaraan PON Papua.

Empat sukses harus tercapai, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses multiplier efek di bidang ekonomi serta sukses administrasi dan keuangannya.

"Ini terus kita dorong, dan ini secara intens terus kita komunikasikan dan koordinasikan kepada NPC maupun PB Peparnas," kata Chandra Bakti.

Peparnas ini adalah ajang olahraga prestasi bagi atlet disabilitas. Adanya kesetaraan di dalam fasilitasi terhadap atlet-atlet menjadi mutlak, termasuk kesetaraan menyangkut bonus bagi para atlet disabilitas.

"Pak Menteri menyampaikan ke Peparnas, nanti bonus atletnya harus sama, karena upaya yang dilakukan atlet disabilitas ini juga sama, keluar keringatnya sama, pembinaannya sama," ujar Chandra.

Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua segera digelar di dua cluster, Kota dan Kabupaten Jayapura. Pesta olahraga multicabang terbesar nasional bagi atlet penyandang disabilitas ini akan dilaksanakan pada 2-15 November 2021.

Momentum Peparnas ini merupakan panggung kesetaraan bagi atlet disabilitas. Peparnas ini juga menjadi ajang unjuk kemampuan atlet disabilitas untuk terus berprestasi mengharumkan nama daerah dan bangsa.

Baca juga: Pemerintah jamin kesejahteraan atlet disabilitas
Baca juga: Wali Kota Jayapura sebut masyarakat antusias sambut Peparnas Papua
Baca juga: Menpora gandeng KemenPUPR bangun pemusatan latihan atlet disabilitas

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021