Washington (ANTARA News) - Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde, Jumat, muncul sebagai favorit Eropa untuk menggantikan Dominique Strauss-Kahn sebagai direktur pelaksana Dana Moneter Internasional, terutama setelah ekonom Turki Kemal Dervis mengatakan ia tidak akan bersedia.

Berikut adalah daftar kemungkinan saat ini untuk ketua IMF. Beberapa hanya akan lolos jika pengecualian peraturan IMF dapat dibuat untuk mengatakan direktur pelaksana tidak bisa berusia lebih dari 65 tahun ketika ia menduduki jabatan.

- Christine Lagarde, 55, Prancis: menteri keuangan yang dihormati, pemimpin yang disiplin, dan populer di negara maju dan berkembang termasuk di Amerika Serikat. Sementara di Prancis seperti Strauss-Kahn, ia memiliki keunggulan sebagai calon wanita untuk sebuah pekerjaan yang sebelumnya selalu diduduki oleh laki-laki.

- Montek Singh Ahluwalia, 67, India: Perencana, mantan bintang Bank Dunia dan direktur Kantor Evaluasi Independen IMF. Dia mungkin kurang dukungan dari tetangga Asia seperti China.

- Agustin Carstens, 52, Meksiko: Gubernur Bank Sentral dan mantan menteri keuangan yang memiliki kepercayaan dari Washington dan G20. Tapi seorang Meksiko sudah memimpin Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.

- Trevor Manuel, 55, Afrika Selatan: Mantan menteri keuangan yang membuktikan bakatnya pada usia muda dipercaya oleh Nelson Mandela. Butuh dukungan luas dari benua Afrika, dimana banyak uang IMF masuk.

- Leszek Balcerowicz, 64, Polandia: Mantan menteri keuangan dan bankir bank sentral yang merintis transisi Polandia dari komunisme ke pasar bebas.

- Stanley Fischer, 67, Israel: Kelahiran Rhodesia, mantan ekonom Bank Dunia sekarang kepala bank sentral Israel. Ia menjabat sebagai wakil direktur IMF 1994-2001. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011