Washington (ANTARA News) - Menteri Keuangan Prancis Lagarde Christine adalah pilihan yang salah untuk mengepalai Dana Moneter Internasional karena mengambil lebih dalam ke dalam penyelamatan zona euro, seorang mantan kepala ekonom IMF mengatakan Kamis.

"Ny. Lagarde secara eksplisit diajukan sebagai seseorang yang dapat mewakili kepentingan zona euro -- pada saat zona euro membutuhkan bantuan," kata Simon Johnson di blog-nya "The Baseline Scenario".

"Ada cacat desain utama di zona euro dan Ny. Lagarde adalah orang yang terakhir bahwa pemerintah non-Eropa harus mau ditugaskan membantu menyelesaikan masalah ini," katanya.

Johnson, seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology yang menjabat sebagai kepala ekonom IMF pada 2007-2008, mengatakan kehancuran keuangan Yunani, Irlandia dan Portugal mewakili "cacat desain" dan bahwa hal itu menuntut respon strategi yang sulit.

"Kepemimpinan zona euro perlu membuat sebuah pilihan," katanya.

"Apakah mereka berintegrasi lebih lanjut, termasuk dengan transfer fiskal murah hati ke yang miskin, negara-negara anggota kurang dinamis, di mana orang tidak suka membayar pajak; atau mereka mengurangi beberapa negara keluar dari sistem keuangan yang terintegrasi, membuat dua tingkatan partisipasi di daerah mata uang euro -- di mana beberapa negara zona euro tidak dapat meminjam dari Bank Sentral Eropa?"

Salah satu cara, IMF cenderung memiliki peran penting, dengan nasihat dan "banyak uang" -- uang, ia mengingatkan, itu milik masyarakat internasional.

Ia mengatakan Lagarde, dalam perannya terakhir membimbing mempertahankan zona euro, "melambangkan strategi judi untuk membangkitkan kembali zona euro dengan uang orang lain".

"Mengapa pembayar pajak di Amerika Serikat dan di tempat lain ingin mendukungnya di atas dasar ini?"

Johnson mengakui bahwa Lagarde mungkin sudah memiliki cukup dukungan untuk menjadi direktur pelaksana IMF setelah pengunduran diri rekan Prancis Dominique Strauss-Kahn untuk menghadapi tuduhan penyerangan seksual di New York.

Tetapi sebagai ketua IMF, katanya, "ia akan paling mungkin terus melemparkan kredit pada masalah zona euro," -- merujuk pada kemungkinan fasilitas pinjaman pencegahan untuk Spanyol, Italia, atau Belgia.

Itu, kata dia, dapat meminta IMF membuka pemegang sahamnya untuk "setidaknya satu triliun dolar lain" dalam saluran kredit. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011