Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional akan mempublikasikan nama-nama calon yang ingin menjadi direktur pelaksana IMF berikutnya pada 17 Juni, seorang juru bicara mengatakan Kamis.

Nominasi dibuka Senin untuk jabatan tertinggi di lembaga yang berbasis di Washington itu, setelah Dominique Strauss-Kahn mengundurkan diri pekan lalu untuk menghadapi tuduhan penyerangan seksual yang ia sangkal. Masa pencalonan ditutup pada 10 Juni.

"Jika ada empat atau lebih kandidat, akan ada persiapan untuk menghasilkan tiga pada periode dari tanggal 10 sampai dengan 17 Juni," juru bicara IMF Caroline Atkinson mengatakan pada konferensi pers di kantor pusat IMF di Washington pada Jumat.

Pemilihan ketua IMF baru ini diharapkan akan diumumkan pada 30 Juni.

Atkinson menunjukkan bahwa proses seleksi ini berbeda dari yang sebelumnya, dimana semua 187 negara anggota dapat mengajukan calon, padahal sebelumnya nominasi datang hanya dari 24 anggota dewan eksekutif.

Dengan tradisi, seorang Eropa -- paling sering dari Prancis -- telah memimpin IMF sejak awal 1945, sedangkan Amerika Serikat memasok presiden Bank Dunia.

Ada dua kandidat resmi dinyatakan dalam persaingan sejauh ini: Agustin Carstens, kepala bank sentral Meksiko, dan Christine Lagarde, menteri keuangan Prancis.

Kandidat lain, Grigory Marchenko, kepala bank sentral Kazakhstan, didukung oleh Rusia dan negara-negara bekas-Soviet lainnya tetapi belum resmi diumumkan.

Dewan eksekutif, yang anggotanya mewakili sebuah negara atau sekelompok negara, bertujuan untuk memilih ketua berikutnya dengan konsensus, tapi bisa juga dengan pemungutan suara, demikian AFP melaporkan. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011