Sydney (ANTARA News) - Dua orang telah tewas dan dua orang lagi berada dalam kondisi kritis setelah satu kapal pencari suaka yang membawa 95 orang terbalik di Chistmas Island, Australia, demikian laporan media setempat, Senin.

Kapal bea cukai Australia menyelamatkan 93 orang dari laut pada Senin, setelah kapal penangkap ikan tersebut terbalik, kata Australian Broadcasting Corporation (ABC).

Di dalam satu pernyataan, Menteri Urusan Dalam Negeri Jason Clare mengatakan mereka yang diselamatkan telah dibawa ke Christmas Island.

"Semua orang itu akan menjalani pemeriksaan identitas, keamanan dan kesehatan awal dan alasan mereka melakukan perjalanan akan dipastikan," kata Clare sebagaimana dikutip Xinhua.

Administratur Christmas Island John Stanhope mengatakan kepada ABC News 24 bahwa korban cedera akan dibawa ke rumah sakit untuk diobati.

"Ocean Protector mendekati lokasi pada saat kapal tersebut terbalik," katanya.

"Saya kira itu adalah suatu kebetulan yang menguntungkan sebab kapal petugas pabean berada di sekitar tempat tersebut dan bisa memberi tanggapan dengan sangat cepat," tambahnya.


Penerjemah : Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013