Samarinda (ANTARA News) - Kelompok terbang (kloter) terakhir calon haji melalui Embarkasi Haji Batakan, Balikpapan, Kaltim, akan berangkat pada 26 September. 

"Total jamaan haji yang berangkat melalui Embarkasi Haji Balikpapan sebanyak 4.285 orang, terdiri atas 4.225 jamaah haji dan 60 petugas panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pada musim haji tahun ini," ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim, HM Kusasi di Samarinda, Senin.

Dia merinci jumlah jamaah yang sebanyak itu terdiri atas 2.257 calon haji (calhaj) warga Kaltim dengan tujuh kloter, 1.407 calhaj asal Sulawesi Tengah (tiga kloter), dan 561 calhaj asal Sulawesi Utara (dua kloter).

Ini berarti total calhaj yang berangkat melalui Balikpapan terdapat 12 kloter dengan perhitungan 360 calhaj per kloter. Bergabungnya Sulut dan Sulteng melalui embarkasi Balikpapan tersebut masing-masing dimulai sejak 2004 dan 2007.

Disinggung tentang pemondokan di Arab Saudi, Kusasi mengatakan bahwa berdasarkan hasil Qur`ah Pemondokan Jamaah Haji bersama Menteri Agama dan Kakanwil Kemenag se-Indonesia, di Jakarta, 28 Agustus 2013, maka seluruh calhaj dari Embarkasi Balikpapan akan menempati pemondokan yang tidak jauh dari Masjidil Haram.

Rinciannya adalah untuk kloter 1 mondok di Haffair, kemudian di wilayah Mahbas Jin untuk kloter 2, 8, 9, dan 10, di Misfalah untuk kloter 3, 4, dan 5), di Bakhutmah untuk kloter 6, di Azizah untuk kloter 7, Jumaizah untuk kloter 11,12 dengan jarak tempuh terjauh 2,7 kilometer dari pemondokan ke Masjidil Haram.

(KR-GFR/H-KWR)

Pewarta: M Ghofar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013