BNPB itu punya dana simpanan yang ada di Kementerian Keuangan untuk kepentingan bencana, maka tentu itu sudah disiapkan,"
Jakarta (ANTARA News) - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengemukakan bahwa pihak Kementerian Keuangan kembali mengalirkan dana sebesar Rp200 miliar kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"BNPB itu punya dana simpanan yang ada di Kementerian Keuangan untuk kepentingan bencana, maka tentu itu sudah disiapkan," kata Hatta saat dijumpai di Kantor Kementerian Keuangan di Jakarta, Senin.

Terkait dengan bencana seperti erupsi Gunung Sinabung dan Gunung Kelud, dikatakan Hatta sudah pasti ditangani.

Sementara terkait dengan masalah pertanian yang alami kegagalan dan kerusakan akibat bencana, pemerintah juga sudah menyediakan dana bantuan.

"Khusus untuk sinabung sudah akan dialokasikan dari dana tersebut ke pertanian sekitar Rp200 miliar dan gagal panen akibat cuaca ekstrim kemarin itu," kata Hatta.

Terkait dengan alokasi dana tersebut Hatta mengungkapkan bahwa Kementerian Pertanian tengah melakukan inventarisasi terkait dengan kerusakan baik untuk bidang pertanian mau pun ternak.

"Di samping tanggap darurat, inventarisasi tentang ternak dan pertanian juga masih dilakukan," pungkas Hatta.(*)

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014