Jember (ANTARA News) - Seorang calon haji dari kelompok terbang 35 pingsan saat mengikuti latihan manasik haji yang digelar Kementerian Agama Kabupaten Jember, Jawa Timur, di Stadion Notohadinegoro kabupaten setempat, Kamis.

"Kemungkinan calon haji tersebut kelelahan saat mengikuti sejumlah rangkaian acara manasik haji dan alhamdulillah sudah mendapatkan pertolongan dari tim medis," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Jember, Misbahul Munir.

Setelah mendapat pertolongan dari tim kesehatan, lanjut dia, kondisi calon haji yang pingsan tersebut sudah membaik dan hanya kelelahan saja, sehingga disarankan untuk istirahat terlebih dahulu.

Menurut dia, pelaksanaan manasik haji tersebut untuk memberikan gambaran dan kondisi kepada calon haji saat melakukan tawaf dengan mengelilingi kabah, sai, wukuf, dan melempar jumrah, sehingga seluruh calhaj bisa melakukannya dengan benar.

"Kegiatan itu penting diketahui calon haji guna memperlancar jalannya ibadah saat berada di Tanah Suci Mekkah, apalagi bagi mereka yang belum pernah menunaikan rukun Islam kelima tersebut," tuturnya.

Ia menjelaskan seluruh calhaj Jember terlihat antusias untuk mengikuti manasik haji tersebut sesuai dengan tahapan yang diinstruksikan masing-masing rombongan calhaj, meskipun cuaca cukup panas di Stadion Notohadinegoro Jember.

"Dari 1.650 calhaj Jember yang menunaikan ibadah haji tahun ini, tidak ada yang absen atau tidak hadir dalam kegiatan manasik haji tersebut, namun panitia menyarankan bagi calhaj lanjut usia (lansia) untuk duduk di tribun stadion sambil melihat calhaj lain melakukan manasik haji," paparnya.

Dengan kegiatan tersebut, lanjut dia, diharapkan calhaj satu dengan calhaj lain bisa mengenal dengan baik dan mereka bisa menjalankan ibadah haji bersama rombongan dan kloter masing-masing.

"Saya imbau mereka menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji karena saat ini di kawasan Timur Tengah sedang marak penyakit Mers dan virus ebola yang menyebar di kawasan Afrika, sehingga lebih baik memakai masker untuk mengantisipasi penularan virus kedua penyakit tersebut," katanya.

Jumlah jamaah calon haji Jember yang berangkat tahun ini sebanyak 1.650 orang yang terbagi dalam empat kloter yakni kloter 32, 33, 34, dan 35, namun hanya tiga kloter (32,33,34) yang seluruhnya calhaj Kabupaten Jember, sedangkan kloter 35 merupakan kloter gabungan dengan calhaj Gresik dan Surabaya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014