Bengkulu (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bengkulu menghadiahkan sebuah mobil Innova kepada seseorang yang dipilihnya telah memenangkan penghargaan karena telah salat dzuhur berjemaah di Masjid At-Taqwa.

"Salah satu tekad, yaitu Bengkulu-ku Religius," kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Rabu, menjelaskan hadiah itu sebagai bentuk apresiasi kepada warga yang aktif berpartisipasi merealisasikan program "Delapan Tekad Bengkulu-Ku".

Dia mengatakan tidak seluruh peserta yang ikut kegiatan sadar membangun suasana religius di tengah masyarakat Kota Bengkulu karena sebagian ada yang mengharapkan hadiah.

Yang jelas, kata dia, salat berjemaah berhadiah yang membutuhkan waktu hingga dua tahun itu ternyata mampu membangun sudut pandang masyarakat.

"Seperti salah satu kisah di sebuah kerajaan, seseorang yang awalnya mengharapkan harta. Akhirnya merasa berdosa dia mengambil harta itu dan tidak jadi mengambil, karena telah tertanam pada dirinya bahwa apa yang dilakukan itu murni semata-mata karena Allah," kata Helmi.

Awalnya Pemerintah Kota Bengkulu berencana memberikan tiga mobil untuk tiga pemenang, namun karena menuai banyak kritik akhirnya hanya disediakan hadiah satu mobil.

"Ini mobil saya, surat-suratnya atas nama istri saya. Awalnya memang tiga, namun dua mobil tidak jadi, karena bisa dinilai gratifikasi," kata Helmi.

Marwan HS, sang pemenang, bersyukur atas hadiah yang diterimanya yang akan digunakannya sendiri atau dijual untuk membeli tanah atau membangun rumah.

"Saya ikut salat ini bukan karena hadiah, tapi ikhlas hanya karena Allah. Ikut salat, setelah mendapat pencerahan, mengikut itikaf bersama bapak wali kota," kata penjaga rumah potong hewan Dinas Pertanian dan Pertenakan Kota Bengkulu yang juga pegawai honorer sejak November 2005 itu.

Pewarta: Boyke LW
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015