Sleman (ANTARA News) - Satu orang jemaah haji asal Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta H Damsuki (79) meninggal dunia di pesawat, Jumat, saat pesawat transit di Banda Aceh.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sleman Luthfi mengatakan, kloter S0C 27 yang kembali ke tanah air sebanyak 358 jemaah.

"Satu orang yakni H Damsuki meninggal di pesawat saat transit di Aceh. Almarhum sakit jantung, saat berangkat dari Jeddah dan makan kondisi masih sehat," katanya.

Menurut dia, total jamaah Kabupaten Sleman yang meninggal ada enam orang, satu orang meninggal karena musibah crane roboh di Mekkah.

"Satu orang meninggal saat tragedi Mina dan empat orang karena sakit," katanya.

Sedangkan, anggota jamaah haji yang meninggal di pesawat, Damsuki tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) SOC 27. Warga Dusun Mlangi, Nogotirto, Kecamatan Gamping, Sleman ini berangkat haji sendiri.

Saat ini jenazah berada di rumah duka. Ratusan orang yang sebagian besar tetangga dan kerabat datang melayat di rumah duka. Istri dan anak-anak almarhum tampak menahan tangis saat menerima ucapan bela sungkawa dari tetangga dan pelayat.

Khoiron salah satu anak Damsuki di rumah duka mengatakan, ayahnya saat sebelum berangkat di Tanah Suci kondisinya sudah kurang sehat.

"Hal itu terlihat saat pemeriksaan kesehatan. Karena kelelahan dan selama di Tanah Suci juga harus dibantu dengan kursi roda," katanya.

Ia mengatakan, pihak keluarga diberitahu saat pesawat mendarat di Aceh sekitar pukul 00.30 WIB.

"Dari Bandara Embarkasi Donohudan langsung dibawa ke sini menggunakan mobil ambulans," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015