Sebagian saham perusahaan yang akan dilepas ke publik sekitar 15 persen,"
Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengemukakan bahwa PT Cikarang Listrindo merencanakan untuk melepas sebagian sahamnya melalui penawaran umum perdana saham (IPO) pada 2016 mendatang.

"Hari ini (3/12), PT Cikarang Listrindo telah melakukan paparan mini dengan BEI untuk rencananya melakukan IPO," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bahwa aksi korporasi melalui pasar modal itu untuk mendukung bisnisnya dalam rangka melakukan ekspansi perusahaan sehingga kinerja perusahaan tetap tumbuh.

"Sebagian saham perusahaan yang akan dilepas ke publik sekitar 15 persen," ujarnya.

PT Cikarang Listrindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik yang menyediakan energi untuk kawasan perindustrian dan perumahan.

Ia mengharapkan minat perusahaan lain untuk meraih pendanaan melalui pasar modal untuk meningkatkan ekspansi dapat tinggi. Salah satu manfaat yang diperoleh perusahaan jika melakukan IPO yakni pengelolaannya akan lebih profesional karena masyarakat juga ikut memantau perkembangan kinerjanya.

Sebelumnya, Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan bahwa pihaknya menargetkan jumlah perusahaan yang akan melaksanakan IPO pada 2016 mendatang sebanyak 35 emiten dengan mempertimbangkan sudah adanya pemulihan indikator perekonomian nasional.

"Perekonomian yang membaik akan meningkatkan minat dan keyakinan untuk menghimpun pendanaan dari pasar modal. Target 2016 itu lebih tinggi dibandingkan tahun ini yang sebanyak 22 perusahaan," katanya.

Sementara dalam data BEI tercatat, perusahaan yang telah resmi mencatatkan sahamnya di BEI baru sebanyak 14 emiten di sepanjang tahun 2015 ini. 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015