Norristown (ANTARA News) - Bill Cosby pada Rabu (30/12) didakwa melakukan kekerasan seksual terhadap seorang perempuan setelah memberinya obat-obatan dan alkohol tahun 2014, satu-satunya kasus kriminal terhadap penampil yang persona figur ayahnya tercemar puluhan tuduhan kejahatan itu.

Komedian yang mempersonifikasikan model pria keluarga Amerika dalam pertunjukan televisi hit panjang itu didakwa melakukan penyerangan tidak senonoh, kejahatan tingkat dua dengan hukuman maksimum penjara antara lima sampai 10 tahun dan denda 25.000 dolar AS.

Cosby (78) yang berjalan dengan tongkat dan ditemani dua pengacara muncul untuk menghadapi dakwaan terhadapnya di satu ruang pengadilan di Elkins Park, Pennsylvania, Amerika Serikat, tempat dia menyerahkan jaminan satu juta dolar AS, menyerahkan paspornya dan diperintahkan menghindari kontak dengan penuduhnya.

Tersenyum dan dengan sopan berterima kasih kepada Hakim Pengadilan Distrik Elizabeth McHugh pada akhir pemeriksaan perkara, Cosby meninggalkan pengadilan dan dibawa ke kantor polisi terdekat untuk pencetakan sidik jari dan pendaftaran.

Dia keluar dari kantor polisi sepuluh menit kemudian dan dibawa menjauh menggunakan mobil sport warna hitam yang telah membawanya ke pengadilan.

Dia tidak menyampaikan pernyataan apapun saat kerumunan pewarta meneriakkan pertanyaan-pertanyaan kepadanya.

Dia dijadwalkan kembali ke pengadilan 14 Januari untuk pemeriksaan pendahuluan.

Kasus terhadap Cosby diajukan sebelum tenggat statuta batasan untuk penuntutan pidana lewat pada Januari.

Dakwaan itu bermula dari tuduhan yang disampaikan oleh Andrea Constand, yang mengajukan gugatan perdata terhadap Cosby tahun 2006.

Constand, bekas manajer tim basket Temple University di Philadelphia, almamater Cosby, adalah satu dari 50 lebih perempuan yang menuduh Cosby secara seksual menyerang mereka beberapa puluh tahun lalu.

"Hari ini, setelah pemeriksaan seluruh bukti, kami bisa mencari keadilan mewakili korban," Kevin Steele, jaksa wilayah yang baru terpilih untuk Montgomery County, dalam konferensi pers sebelumnya.

Cosby tidak mengajukan permohonan pembebasan dalam kasus yang diajukan Rabu. Namun dia dan para pengacaranya, meski mengakui adanya ketidaksetiaan dalam pernikahan di pihaknya, secara konsisten membantah tuduhan kejahatan seksual yang dilontarkan kepadanya.

Tim legalnya pada Rabu malam menyampaikan pernyataan yang menyebut tuduhan kejahatan seksual itu "tidak dapat dibenarkan", menganggapnya bermotif politik, dan menyatakan bahwa Cosby "akan dinyatakan tidak bersalah oleh pengadilan."

Munculnya tuntutan itu bukan kejutan menyusul pemilihan jaksa wilayah "di mana kasus ini menjadi titik fokus", kata pengacaranya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015