KELAS PAGI Jakarta Angkatan 9 mengadakan pameran fotografi di  Galeri Cipta III Taman Ismail Marzuki 25 – 29 Mei 2016. 

Bukan sekedar pameran seperti biasanya, pameran kali ini adalah pameran penutupan Angkatan 9 yang menandai berakhirnya kegiatan belajar mengajar KELAS PAGI Jakarta angkatan 9. 

Kali ini KELAS PAGI Jakarta angkatan 9 kembali menyuguhkan Jakarta melalui sudut pandang mereka tentang wisata. Dengan mengusung tema “DINAS PARIWISATA JAKARTA”, para pameris mencoba menjadi agen-agen wisata yang menawarkan sisi positif dan negatif dari Ibu Kota tercinta yang tetap menarik dengan kesemrawutannya, dan tetap menggoda dengan kerumitannya.

Seperti Rika Panda yang menawarkan berbagai kenangan akan kebahagiaan berwisata di Jakarta di masa kanak-kanaknya. Atau Fadhila yang ingin mengajak menyelami sisi lain kota Jakarta yang tetap asik untuk dinikmati wisatawan.

Lain halnya dengan Agung, yang secara satir mengajak kita untuk menikmati wisata budaya Ondel-Ondel yang nilai budayanya telah turun. Atau Gabriel Sena yang mencoba menjadi agen wisata kuliner ala masyarakat urban. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seperti biasanya, Kelas Pagi Jakarta juga menyiapkan beragam acara pendukung untuk mengisi pameran kali ini. Salah satunya adalah upacara atau ritual Palang Pintu yang merupakan budaya asli Jakarta namun tidak banyak orang yang mengenal kebudayaan ini. 

Ritual Palang Pintu ini akan digelar pada acara pembukaan pameran yang sekaligus menjadi simbolisasi pembukaan pameran. Dan sebagaimana biasanya pula, akan ada artist talk dan exhibition tour untuk para pengunjung yang ingin tahu lebih banyak tentang proses di balik setiap karya yang dipamerkan. 

Kelas Pagi juga mengadakan sharing session mengenai fotografi fashion sekaligus kolaborasi dengan fashion blogger mendiskusikan tentang fenomena fashion di Jakarta. 

Dua hari terakhir pameran akan diisi dengan bazaar fotografi dan pendaftaran calon siswa Kelas Pagi Jakarta Angkatan 10. Akan ada pula pertunjukan musik akustik sebagai acara hiburan menjelang penutupan pameran.

KELAS PAGI Jakarta adalah sekolah fotografi gratis berbasis komunitas yang diinisiasi oleh Anton Ismael dan mulai berkembang sejak tahun 2006. 

Dinamakan Kelas Pagi karena kelasnya dimulai setiap pukul 06.00 s/d 11.00 pagi. Tidak hanya di Jakarta, Kelas Pagi juga berdiri di Yogyakarta sejak tahun 2009. Dan kini Kelas Pagi juga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia lewat kanal YouTube Kelas Pagi.

Info lebih lebih lanjut tentang Kelas Pagi:  http://kelaspagi.com

ADVERTORIAL

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016