Ini tidak hanya untuk mempererat hubungan kerja sama, namun juga sebagai sarana promosi ekonomi ..."
London (ANTARA News) - Meksiko akan tetap menjadi penghubung (hub) terbaik bagi Indonesia untuk memperluas kerja sama di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Latin untuk memajukan kerja sama di bidang perternakan, penerbangan, nuklir dan radio isotop, serta industri kayu, kata Duta Besar RI di Meksiko, Yusra Khan.

Dubes Khan mengemukakan hal itu dalam resepsi awal tahun baru yang diadakan untuk pertama kalinya oleh KBRI di Mexico City. Acara itu dihadiri sekira 60 mitra kerja dan kerabat KBRI, serta kalangan diplomatik, khususnya dari ASEAN dan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia) sebagai mitra kerja utama, demikian Pensosbud KBRI Meksiko Febby Fahrani kepada ANTARA News, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, Dubes Khan menyampaikan bahwa resepsi yang digelar tidak hanya untuk mempererat hubungan kerja sama, namun juga sebagai sarana promosi ekonomi, budaya dan lain-lain, ujar Dubes saat berbaur dengan tamu yang menikmati suguhan Sate Ayam Madura.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin selama 2016 dan menyampaikan harapan terbaik di tahun 2017 bagi seluruh tamu, dan keinginan untuk memperkuat hubungan dan kerja sama yang sudah terjalin erat.

Indonesia dan Meksiko sepanjang tahun 2016 menunjukkan peningkatan hubungan baiknya, namun masih ada ruang untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama bilateral kedua negara sehingga kepentingan nasional masing-masing negara dapat ditingkatkan.

Resepsi awal tahun baru ini terlaksana untuk pertama kalinya. KBRI Meksiko berencana untuk menyelenggarakan resepsi semacam ini secara rutin.

"Ini tidak hanya untuk mempererat hubungan kerja sama, namun juga sebagai sarana promosi ekonomi, budaya dan lain-lain," kata Dubes Khan, yang berbaur dengan tamu untuk menikmati suguhan sate ayam madura.

KBRI Meksiko juga memamerkan foto-foto aktivitas wisata ternama di Indonesia, seperti tari kecak di Bali, pacu sapi di Sumatera Barat dan ritual lompat batu di Nias. KBRIa mempromosikan keragaman kuliner khas Nusantara, antara lain wingko Babat, onde-onde dan risoles.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017