JAKARTA, 20 Juni 2017 (Antara) - Peningkatan arus mudik Lebaran sudah mulai terlihat di beberapa titik ruas jalan tol terutama bagi mereka yang ingin mudik ke kampung halaman di Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk menyambut para pemudik tesebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan berbagai pengecekan kesiapan jalan tol agar siap dilalui saat mudik nanti.

Tak hanya itu saja, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) juga menempatkan 13 toilet cabin dan 13 hidran umum di 11 rest area jalan tol selama arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Kesebelas rest area jalan tol yang dimaksud adalah empat rest area untuk jalan tol Jakarta-Cipali-Pejagan yaitu Rest Area KM 166, Rest Area KM 207, Rest Area KM 164 dan Rest Area KM 208. Kemudian empat rest area untuk jalan tol Jakarta-Merak yaitu Rest Area KM 43, Rest Area KM 68A, Rest Area KM 45 dan Rest Area KM 68 B. Sedangkan tiga rest area untuk jalan tol Jakarta-Padaleunyi yaitu Rest Area KM 147, Rest Area KM 125 dan Rest Area KM 72 B. "Toilet cabin dan hidran umum itu ditempatkan untuk memberikan kenyamanan saat arus mudik dan arus balik lebaran nanti,” kata R. Endra Saleh Atmawidjaja, Kepala Biro Komunikasi Publik Setjen Kementerian PUPR Selasa (20/6) di Jakarta

Nantinya, persediaan air bersih dan penyaluran buangan air kotor dapat diintegrasikan dengan ketersediaan air bersih dan saluran pembuangan yang ada di masing-masing rest area tersebut. Para pemudik sudah bisa memanfaatkan toilet cabin dan hidran utama sejak tanggal 20 Juni hingga 8 Juli 2017. Beberapa personel juga akan bertugas dan selalu stand by di sekitar toilet cabin dan hidran umum untuk memberikan pelayanan kepada pemudik.

Adapun untuk toilet cabin pada jalur Jakarta-Cipali-Pejagan ditempatkan di Rest Area KM 166 sebanyak 3 unit, Rest Area KM 207 sebanyak 2 unit. Sedangkan untuk hidran umum ditempatkan di Rest Area KM 155 sebanyak 3 unit dan di Rest Area KM 207 sebanyak 2 unit.

Sedangkan untuk tol Jakarta-Merak penempatan toilet cabin dilakukan di Rest Area KM 43 dan Rest Area KM 68A yang masing-masing mendapatkan 2 unit toilet cabin. Sementara untuk 2 unit hidran umum masing-masing-masing ditempatkan di Rest Area KM 43 dan Rest Area KM 68 A.

Lalu untuk tol Jakarta-Padaleunyi penempatan 4 unit toilet cabin dan 4 unit hidran umum semuanya ditempatkan di Rest Area KM 147

Selanjutnya untuk arus balik, penempatan toilet cabin sebanyak 3 unit ada di Rest Area KM 164 dan 2 unit toilet cabin ditempatkan di Rest Area KM 208. Sedangkan untuk hidran umum ditempatkan sebanyak 3 unit di Rest Area KM 164 dan 2 unit di Rest Area KM 208.

Lalu untuk tol Jakarta-Merak, toilet cabin yang ditempatkan masing-masing 2 unit ada di Rest Area KM 45 dan Rest Area KM 68 B. Kemudian untuk hidran umum masing-masing 2 unit ditempatkan di Rest Area KM 45 dan Rest Area KM 68 B.

Dan terakhir untuk tol Jakarta-Padaulenyi, toilet cabin yang ditempatkan masing-masing 2 unit berada di Rest Area KM 125 dan Rest Area KM 72 B. Dan untuk hidran umum masing-masing 2 unit ditempatkan di rest area area yang sama dengan toilet cabin.

Kementerian PUPR memberikan tanda penempatan toilet cabin dan hidran umum itu dengan memasang balon udara di rest area dan spanduk ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017