Cilegon, Banten (ANTARA News) - Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, mengatakan, TNI siap membantu pengungsi korban letusan Gunung Agung, Bali. 

"Kami siap untuk menerjunkan anggota lengkap dengan peralatan yang dimiliki untuk membantu pengungsi korban bencana Gunung Agung Bali," kata dia, saat membuka kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis pada rangkaian kegiatan HUT TNI Ke- 72, di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Kamis.

Nurmantyo yang didampingi Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, menyebutkan, pasukannya dari berbagai matra memiliki peralatan yang disiapkan untuk perang, yang harus siaga 24 jam, namun peralatan perang itu juga dapat dimobilisasi untuk menghadapi bencana.

Di antaranya  dapur umum yang dapat digunakan untuk memasak sampai kapasitas 5.000 orang, rumah sakit lapangan, kapal rumah sakit dan pesawat pesawat siap digerakkan ke lokasi.

"TNI Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat semuanya punya alat perang yang harus siap siaga 24 jam. Di antaranya ada dapur umum, ada lapangan rumah sakit, ada kapal rumah sakit, ada juga pesawat, semuanya Ini kami siagakan. kemudian jika setiap saat dibutuhkan tinggal kami gerakan," ujar Nurmantyo. 

Pewarta: Susmiyatun Hayati dan Ganet Dirgantoro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017