Sabang, Aceh (ANTARA News) - Sebanyak delapan armada direncanakan akan melayani pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya saat "Sail Sabang" dari 28 November sampai 5 Desember 2017.

"Saat Sail Sabang direncanakan delapan kapal akan melayani pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika?(Dishubkominfo) Kota Sabang Irawadi di Sabang, Senin.

Irawadi menyatakan, kapal tersebut direncanakan akan melayani lonjakan kunjungan wisatawan saat berlangsungnya even tahunan nasional yang ke-9 di pulau terluar paling ujung barat Indonesia.

"Kedelapan kapal tersebut meliputi kapal lambat empat dan kapal cepat empat armada," sebutnya.

Lebih lanjut katanya, penambahan kapal itu direncanakan saat menjelang pelaksanaan Sail Sabang yakni dari 28 November sampai 5 Desember 2017.

"Kapal lambat meliputi, KMP BRR, KMP Tanjung Burang, KMP Papuyu dan KMP Belanak, kemudian empat kapal cepat adalah Express Bahari," jelas Kepala Dishubkominfo Kota Sabang.

Pantauan dilokasi, Senin (20/11) atau H-9 Sail Sabang belum ada penambahan satu pun armada baik kapal lambat maupun kapal cepat, bahkan kapal lambat KMP BRR dini hari melayani pelayaran hingga malam hari dari Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya sampai tiga trip pulang pergi (PP).

Jadwal pelayaran Kapal KMP BRR tersebut ditambah satu trip dari jadwal biasa (dua kali) pulang-pergi dalam sehari karena kunjungan wisatawan terlihat mulai meningkat sebagaimana biasa

Informasi yang dihimpun, kapal KMP Tanjung Burang masih melakukan perbaikan bagian mesin di Pelabuham Ulee-Lheue, Banda Aceh dan kapal KMP Papuyu pun masih stanbay di pelabuhan tersebut.

Ada pun kapal lambat, KMP Belanak direncanakan mulai berlayar dari Belawan (Sumatera Utara) menuju Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh H-1 Sail Sabang dan selanjutnya akan melayani pelayaran dijalur tersebut.

Kemudian, kapal cepat Express Bahari sendiri terpantau dini hari stanbay tiga armada dan melayani tiga trip pulang-pergi dari Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya.

Pengamatan dilapangan sampai H-9 Sail Sabang belum ada tanda-tanda adanya penambahan kapal untuk melayani pelayaran dari Sabang dan sebaliknya.

Sail Sabang akan digelar dari 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017.

Lokasi puncak penyelenggaraan Sail Sabang difokuskan pada tiga titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Sabang Fair, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017