Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meminta seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI agar tetap siaga selama berlangsungnya musim hujan.

"Saya minta supaya seluruh jajaran, aparatur terus siaga selama musim hujan, siap menghadapi sekaligus mengantisipasi potensi terjadinya banjir," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut dia, pihaknya akan secara rutin melakukan pengawasan atau pemantauan terhadap persiapan dan kesiapsiagaan seluruh jajaran dalam menghadapi musim hujan serta antisipasi banjir di wilayah Ibu Kota.

"Setiap hari, sampai beberapa bulan ke depan, kami akan melakukan pemantauan untuk melihat secara langsung bagaimana kesiapsiagaan seluruh jajaran di lapangan. Kami ingin pastikan persiapannya baik," ujar Sandiaga.

Selain memantau persiapan, dia menuturkan pihaknya juga akan memastikan bahwa seluruh sumber daya manusia (SDM) mendapatkan sosialisasi atau penyuluhan serta pelatihan mengenai mitigasi bencana.

"Dengan demikian, intinya, kami ingin memastikan bahwa Pemprov DKI Jakarta sudah cukup tangguh dalam menghadapi siklus iklim yang saat ini sering kali tidak dapat diprediksi," tutur Sandiaga.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan terdapat tiga pedoman dasar yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran dalam mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah Ibu Kota, yaitu siaga, tanggap dan galang.

"Siaga artinya waspada dan siap pada segala kemungkinan. Tanggap artinya dapat merespons dengan cepat terhadap kemungkinan terjadinya bencana. Sedangkan galang artinya partisipasi dari semua elemen masyarakat untuk menangani bencana," ujar Sandiaga.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017