Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan pada Selasa menyerahkan penghargaan kepada para pahlawan lingkungan hidup yang telah menjaga kebersihan dan kelestarian wilayah Ibu Kota.

"Ada kerja keras yang luar biasa dari para penerima penghargaan ini. Dalam sunyi, mereka bekerja menjaga dan merawat lingkungan hidup, tidak tampak ke permukaan," kata Anies saat menyampaikan sambutan dalam upacara penyerahan penghargaan di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Dia mengajak semua pihak menuntaskan persoalan sampah dari hulu dan meminta warga peduli dan berperan dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

"Mari kita bersama-sama menyelesaikan masalah sampah mulai dari bagian hulu, bukan hanya di bagian hilirnya saja. Jangan kita maunya hanya tahu beres. Semua pihak harus berpartisipasi," ujar Anies.

Apabila seluruh pihak mau berpartisipasi dan berperan aktif, ia mengatakan, maka permasalahan lingkungan di wilayah DKI Jakarta akan dapat diatasi dengan baik.

"Mari kita jadikan Jakarta sebagai Kota Gerakan Lingkungan Hidup. Kalau semuanya mau terlibat, bukan tidak mungkin seluruh masalah lingkungan di kota ini bisa diselesaikan," ungkap Anies.

Penghargaan lingkungan hidup tersebut diberikan kepada perorangan, organisasi kemasyarakatan, lembaga, sekolah, perusahaan dan instansi pemerintah yang ada di Ibu Kota.

Kategori penghargaan terdiri dari Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Tingkat Daerah (Properda) dalam pengelolaan lingkungan (19 usaha), Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi (21 sekolah), Kalpataru untuk Pengabdi Lingkungan, Pembina Lingkungan dan Penyelamat Lingkungan Tingkat Provinsi (empat orang), Program Kampung Iklim Tingkat Provinsi (10 RW) dan Masyarakat Peduli Persampahan.


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017