Kopi dan kota favorit Dubes Australia di Indonesia

id paul grigson,dubes australia,indonesia-australia

Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson (tengah) berbincang dengan Dewan Pembina MAJT Drs H Ali Mufiz (ketiga kiri) saat bersilaturahmi dengan para ulama di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/1/2017). (ANTARA /Aji Styawan)

Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson menyebut kopi Toraja sebagai kopi favoritnya setelah tiga tahun bertugas di Jakarta.

"Itu selalu menjadi pertanyaan kontroversial, tapi favorit saya kopi Toraja," kata Grigson setelah menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantornya di Jakarta, Rabu, untuk berpamitan.

Dubes Australia yang bertugas di Indonesia sejak Januari 2015 dan akan mengakhiri masa tugas pada Desember 2017 itu mengatakan kekayaan jenis kopi dan khazanah kuliner Indonesia membuat dia sering kesulitan menentukan jenis yang paling dia sukai.

"Keanekaragaman budaya Indonesia membentuk kultur kopi dan kuliner ini, tapi kalau untuk kopi, favorit saya Toraja, saya suka citarasa seperti cokelat yang ada di dalamnya," kata dia.

Ia juga berbicara tentang Kota Kudus di Jawa Tengah yang menurut dia mengejutkan.

"Bolehkah saya bilang, kota paling mengejutkan? Karena Kudus benar-benar membuat saya terkejut, arsitekturnya yang kaya, soto Kudus, semuanya membuat saya berdecak kagum," kata dia tentang kota pesisir utara Jawa itu.

Selain terkesan dengan Kudus, Grigson juga mengaku menyukai dua kota di Jawa Timur: Surabaya karena penataan kotanya, dan Malang sebagai kota pelajar.

"Tapi sekali lagi, saya sudah berkeliling ke Indonesia, banyak tempat yang menarik dan sangat susah untuk memilih mana yang menjadi favorit," ujar dia diplomatis.

Dubes Grigson merupakan diplomat senior di Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia yang sebelum bertugas di Indonesia pernah menjadi duta besar untuk Thailand (2008-2010) dan Myanmar (2003-2004).


Pewarta : Azizah Fitriyanti
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar