Medan (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menggunakan helikopter Super Puma VVIP milik TNI Angkatan Udara bertolak ke Bandar Udara Internasional Silangit, Tapanuli Utara pada Jumat.

Menurut Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin Presiden Jokowi dan rombongan akan meresmikan terminal bandara internasional Silangit.

Presiden melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Langkat untuk menyerahkan Kartu Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan di Gedun Serba Guna Manunggal Langkat Berseri, Kabupaten Langkat.

Selanjutnya Presiden akan melaksanakan ibadah salat Jumat dan masih dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di kawasan Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Pada sore harinya, Presiden akan kembali ke Medan.

Ikut dalam rombongan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan sejumlah pejabat lainnya.

Bandara Silangit sebenarnya sudah berstatus sebagai bandara internasional pada 28 Oktober 2017.

Hal itu ditandai dengan penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Bandara Changi Singapura ke Silangit bernomor penerbangan GA 8510 dari Changi, Singapura tepat pukul 13.30 WIB.

Bandara Silangit berkapasitas 500.000 penumpang per tahun ini dilengkapi dengan fasilitas CIQ (Custom, Immigration, Quaratine), runway dengan panjang 2.650 x 30 meter, dan PCN yang bisa mengakomodasi pesawat berbadan sempit Airbus A320 dan Boeing 737-800.

Bandara itu juga mengimplementasikan fitur "smart airport" dengan teknologi digital, antara lain, berupa Wi-Fi gratis,? display jadwal bus dan penerbangan, e-payment, mesin tiket bus, e-kiosk informasi turis, self check-in, dan berbagai fitur digital.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017