Medan (ANTARA News) -Gempa berkekuatan 2,8 skala Richter atau SR melanda Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat sekitar pukul 14.45 WIB dan getarannya dirasakan warga.

" Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 2.8 SR berada pada posisi episenter koordinat 3.50 Lintang Utara dan 98.29 Bujur Timur," ujar Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan S di Medan, Jumat.

Gempa yang dirasakan warga Kota Medan itu berkedalaman lima kilometer, katanya.

Pusat gempa tepatnyat pada jarak 43 km arah Barat Daya Medan.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa dirasakan di Medan dengan intensitas I SIG BMKG ( I-II MMI ).

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa berada pada Zona Sesar Lokal di sekitar Kabupaten Langkat.

"Karakteristik sinyal gempa bumi itu menunjukkan tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempa merupakan jenis tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi," katanya.

Masyarakat di Medan dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjung jawab.

Masyarakat diminta mengikuti arahan pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi dari BMKG.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017