Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berhasil menyabet gelar juara umum pada malam Anugerah Media Humas (AMH) 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kementerian yang dipimpin oleh Sri Mulyani Indrawati ini sukses mempertahankan gelar tiga tahun berturut-turut setelah menyingkirkan kementerian, instansi dan lembaga pemerintah lainnya.

"AMH bertujuan memberikan apresiasi kepada humas pemerintah, serta untuk menciptakan situasi yang kompetitif dan memberikan ruang yang luas untuk meningkatkan kinerja kehumasan yang bertugas melakukan diseminasi informasi tentang program pemerintah kepada masyarakat," ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Rosarita Niken Widiastuti yang juga Ketua Umum Bakohumas, di Jakarta , Jumat.

Niken yang juga Ketua Panitia SAIK 2017 ini menerangkan, penilaian AMH didasari atas fokus kehumasan yang terukur dan yang berdampak langsung ke publik. Peserta AMH 2017 terdiri atas 176 instansi yang terbagi di dalam kategori Festival Pertunjukan Rakyat, stan pameran instansi, penerbitan media internal, media sosial, siaran pers/pemberitaan, dan pelayanan informasi melalui internet.

AMH 2017 lanjut Niken, tidak hanya memberikan anugerah penghargaan kepada humas pemerintah, tapi juga kepada kelompok festival pertunjukkan rakyat sebagai salah satu saluran komunikasi dan diseminasi informasi. Melalui kegiatan AMH ini, menurut Niken pemerintah berkeinginan agar humas selalu melakukan inovasi yang cemerlang, meningkatkan kreasi dalam pelayanan informasi ke masyarakat lewat berbagai saluran dan basis agar berbagai kegiatan pemerintah dapat diterima langsung oleh masyarakat.

"Informasi yang telah dihasilkan pemerintah harus sampai ke masyarakat. Kita juga memberikan "counter" narasi apabila ada data hasil kinerja pemerintah yang diputarbalikkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Humas pemerintah harus bekerja dengan luar biasa, 24 jam dalam tujuh hari. Harus tanggap, responsif terhadap informasi apapun yang datang dari berbagai kalangan," tegas Niken.

Selain Kementerian Keuangan yang menyabet gelar juara umum AMH 2017, beberapa instansi lain sukses menyabet gelar di kategori tertentu. Kementerian Sekretariat Negara sukses menyabet gelar stand pameran terbaik, kategori penerbitan media internal terbaik pertama diraih oleh Kementerian Pariwisata, kategori siaran pers/pemberitaan terbaik pertama diraih oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi serta kategori pelayanan informasi melalui internet terbaik diraih oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sementara, Universitas Indonesia adalah satu-satunya lembaga pendidikan formal yang meraih juara (peringkat ketiga) dalam kategori penerbitan media internal.

Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemristekdikti Nada Marsudi dalam keterangannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan dan unit-unit kerja di lingkungan Kemristekdikti atas dukungan dan kerja samanya.

"Prestasi ini tidak akan tercapai tanpa kerja keras dan sinergi antar unit kerja dan dukungan masyarakat," jelas Nada Marsudi.

Keikutsertaan Kemristekdikti pada ajang SAIK 2017 ini merupakan partisipasi yang kedua. Partisipasi pertama Kemristekdikti adalah pada pagelaran AMH 2016 di Bandung. Saat itu Kemristekdikti masuk nominasi pada 2 kategori dan memperoleh penghargaan juara kedua untuk kategori iklan untuk kelompok Kementerian/LPNK/BUMN.

(T.I025/A011)

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017