Temanggung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinobatkan sebagai Bapak Kuda Lumping Jawa Tengah oleh Paguyuban Hokya Temanggung pada acara Sedekah Turangga Bhumi Phala di Lapangan Gondang Winangun, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Sabtu.

Penobatan tersebut ditandai dengan pembelian sebuah kuda lumping oleh Ganjar Pranowo seharga Rp5.000.000 dan Ganjar terjun langsung untuk menari bersama seribu penari kesenian jaran kepang khas Temanggungan.

Presiden Hokya Kabupaten Temanggung, Yudha Sudarmaji mengatakan digelarnya acara ini untuk menggiatkan kembali sekaligus memperkenalkan kesenian kuda lumping asli Temanggung yang pernah mengalami masa jaya di tahun 1972.

"Selama ini banyak bermunculan kreasi baru, kami ingin agar kuda lumping khas Temanggung yang sudah lama surut kembali dikenal atau muncul ke permukaan seperti pada era jayanya dulu," katanya.

Ia menyebutkan di Temanggung terdapat sekitar 700 grup kesenian kuda lumping yang tersebar di berbagai wilayah pelosok desa. Kuda lumping asli Temanggung memiliki beberapa ciri khusus, antara lain penari mengenakan baju kemeja putih, rompi, dan ikat kepala.

"Kami ingin identitas ini yang terus dilestarikan," katanya.

Ganjar Pranowo berharap agar festival kuda lumping seperti ini dapat digelar secara rutin setiap tahun. Bahkan, dirinya berjanji apabila dapat digelar selama tiga kali berturut-turut, maka kegiatan ini akan dijadikan sebagai agenda rutin dalam kalender kegiatan budaya Provinsi Jawa Tengah.

Ia berharap ke depan muncul sebuah koreografi yang identik dengan keindahan seni tari. Selain itu, kuda lumping juga dapat menjadi satu kekuatan seni budaya sekaligus identitas khas Temanggung.

"Semoga semua pihak, terutama para pelaku seni budaya kuda lumping dapat terus menjaga dan melestarikan kesenian ini. Melalui seni kita dapat menangkal hal-hal negatif yang masuk ke berbagai elemen masyarakat seperti radikalisme maupun berita hoax," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017