Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menginstruksikan aparat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI dan warga Jakarta pada hari ini untuk siaga terhadap banjir.

"Tadi pagi sudah diinstruksikan kepada seluruh aparat untuk siaga tanggap dan saya mengimbau kepada semua warga untuk mengantisipasi juga kemungkinan hujan yang amat lebat diiringi petir terutama di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jumat.

Prakiraaan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini menyebutkan bahwa Jakarta malam nanti ada kemungkinan hujan lebat disertai petir, katanya.

"Ini ramalan cuaca BMKG dan perkiraannya pada sore dan malam hari ini sesuatu yang kita antisipasi, agar tidak muncul masalah," kata Anies.

Sebelumnya Gubernur mengatakan, banjir yang terjadi pada hari Senin (11/12) mengalami surut yang relatif cepat.

Secara total di Jakarta ada 145 rumah pompa, ada 152 pompa stastioner dan 150 pompa yang mobile atau bergerak, katanya.

Anies juga menghimbau agar pekerjaan pembangunan infrastruktur di ibu kota selama musim hujan dilakukan dengan lebih cermat.?

Menurut dia, keberadaan saluran air sangat penting selama pekerjaan pembangunan infrastruktur, terutama ketika musim hujan. Saluran air itu berfungsi untuk mencegah genangan.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017