Jakarta (ANTARA News) - PT Freeport Indonesia (PTFI) membantu pembangunan gedung laboratorium modern Institut Teknologi Bandung (ITB) yang akan digunakan seluruh program studi termasuk sekolah bisnis dan manajemen (SBM).

"PTFI memiliki harapan agar gedung itu bisa memberi manfaat tidak hanya bagi ITB namun juga bagi para pihak di Papua," kata Executive Vice President (EVP) Human Resources PTFI Achmad Didi Ardianto di Jakarta Jumat.

Achmad menaruh harapan ITB dapat menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dan masyarakat Papua dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Achmad mengatakan PTFI membantu pembangunan gedung bernama "Laboratorium Teknologi XIV ITB The Freeport Indonesia Business Research Center" tersebut.

Bantuan seluruh struktur bangunan, peralatan utama dan sebagian besar interior gedung yang berdiri di atas lahan seluas 5.482 meter persegi itu.

Achmad mengungkapkan PTFI mencakup ruang lingkup industri pertambangan yang produknya dibutuhkan namun dampaknya tidak disukai.

Achmad berharap keberadaan gedung laboratorium itu menjadi pusat penelitian bisnis yang dapat menjawab tantangan utama industri pertambangan yakni mengelola dampak yang tidak disukai menjadi produk yang bermanfaat.

Rektor ITB Kadarsah Suryadi menyatakan pembangunan "The Freeport Indonesia Business Research Center" sejalan dengan tujuan ITB menjadi "Entrepreunial University".

Kadarsah menjelaskan salah satu syarat menjadi Entrepreneurial University yakni pihak universitas harus menjalin kerja sama lintas disiplin dengan para pemangku kepentingan.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017