Pangkalpinang (ANTARA News) - Akademisi Universitas Bangka Belitung, Devi Valeriani, menilai penggunaan media digital bagi para pelaku usaha dapat secara efektif mempromosikan potensi pariwisata di daerah itu sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

"Mempromosikan potensi pariwisata Kepulauan Babel melalui media digital dilakukan dengan membuat website maupun media sosial sehingga dapat menarik lebih banyak lagi calon wisatawan yang berkunjung," katanya saat Ekonomi Digital Berbasis Teknologi di Hotel Puri 56 Kota Pangkalpinang, Kamis.

Media digital memiliki keunggulan seperti biaya promosi yang lebih murah dengan efektivitas yang tinggi apabila dibandingkan cara periklanan konvensional melalui spanduk maupun baliho.

"Media digital saat ini merupakan gaya hidup, tanpa batas akses dan dapat dilakukan kapan saja maupun dimana saja sehingga sangat efektif dalam promosi sektor pariwisata," ujarnya.

Ia menyebutkan layanan akomodasi pariwisata seperti pembelian tiket transportasi dan pemesanan kamar hotel juga sering dilakukan secara online melalui perangkat gawai karena dianggap lebih praktis bagi para calon wisatawan.

"Pemesanan kamar hotel di Kota Bandung contohnya, menurut data menyatakan bahwa 40 persen dilakukan secara online dan diperkirakan para penggunanya akan semakin bertambah seiring berkembangnya teknologi," katanya.

Pelaku usaha pariwisata Kepulauan Babel, Hongky Listiadi mengatakan bahwa kemajuan teknologi yang terjadi saat ini menjadi tantangan dalam pengembangan sektor pariwisata untuk memanfaatkan segala kemudahan mempromosikan panorama alam dan budaya Kepulauan Babel melalui media digital.

"Masyarakat dapat memvisualisasikan panorama alam dan keanekaragaman budaya yang dimiliki Kepulauan Babel melalui internet sehingga dapat semakin menarik minat calon wisatawan untuk berkunjung di daerah ini," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017