Bandung (ANTARA News) - Pemeriksaan kesehatan empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Jawa Barat di Paviliun Parahyangan RSUP Hasan Sadikin, Kamis, Bandung melibatkan 14 dokter spesialis.

"Tim medis itu terdiri dari Himpsi (Himpunan psikologi Indonesia) 8 orang, BNN 4 orang dan tim dokter spesial ada 14 orang, mereka semua sudah kami sah kan sebagai tim pemeriksa kesehatan," kata Komisioner KPU Provinsi Endun Abdul Haq.

Ia menuturkan delapan orang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat saat ini sudah tiba di rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Jadi di dalam itu nanti pemeriksaannya berurutan dan bersamaan itu ada penjelasan dulu dari tim dokter kesehatan, penjelasan BNN dan Himpunan Psikologi Indonesia. Setiap pasangan calon diperiksa di kamar masing-masing ," kata Endun.

Setelah itu seluruh pasangan calon akan diambil darah dan tes urine kemudian diberi sarapan dan dilakukan pemeriksaan tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory atau MMPI.

"Setelah itu pemeriksaan darah dua jam setelah makan. Wawancara psikologi dengan masing-masing psikiater, baru pemeriksaan kesehatan menyeluruh meliputi syaraf, gigi, mata, THT, jantung, penyakit dalam," kata dia.

Sedangkan untuk pemeriksaan penunjang meliputi pemeriksaan ektrokardiogram atau EKG. "Kami perkirakan jam 14.00 WIB selesai tes kesehatan," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018