Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pada Senin (12/2) yang masih menarik Anda simak:

Jokowi: Menkeu terbaik tunjukkan manajemen ekonomi efektif

Presiden Joko Widodo menyatakan penghargaan kepada Menkeu Sri Mulyani Indrawati sebagai menteri keuangan terbaik dunia, menunjukkan pengelolaan ekonomi Indonesia pada jalur yang benar dan efektif.

"Saya rasa seluruh masyarakat bangga dan itu menunjukkan manajemen ekonomi makro dan fiskal kita pada posisi yang track-nya bener, yang hati-hati dan sangat efektif," kata Presiden Jokowi usai membuka rapat kerja kepala perwakilan RI di luar negeri di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Jakarta, Senin.

Jokowi menyebutkan penghargaan tersebut merupakan pengakuan dunia terhadap kemampuan Menteri Keuangan Sri Mulyani.


Sopir bus tersangka kecelakaan Tanjakan Emen

Kepala Polda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Agung Maryoto, menuturkan polisi telah menetapkan sopir bus pariwisata berinisial Am, menjadi tersangka dalam kecelakaan bus pariwisata di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (10/2).

"Terkait kecelakaan di Tanjakan Emen Subang, jadi sudah kami tetapkan tersangka atas pengemudi dengan inisial AM," kata dia, di Bandung, Senin.

Ia mengatakan, sopir bus itu menyadari bahwa kendaraan yang dia kemudikan tidak laik jalan. "Jadi saat di Setiabudi, saat di restoran, dia tahu bahwa kondisi rem di sebelah kiri belakang bus bocor, dia akali supaya tidak bocor," kata dia.


TKW meninggal dunia setelah diduga disiksa majikan di Malaysia

Seorang pembantu rumah tangga warga negara Indonesia (WNI) yang diduga telah disiksa majikannya, meninggal dunia di Rumah Sakit Bukit Mertajam, Pulau Pinang, Malaysia, Minggu (11/2).

Media setempat Senin melaporkan, Adelina (21), meninggal dunia pukul 16.45 petang waktu setempat dengan penyebab kematian belum ditentukan.

Wanita asal Medan ini telah bekerja di rumah semi terpisah di Taman Kota Permai.

Dia terlihat oleh tetangga yang memprihatinkan luka di tangan dan kaki Adelina.

Menurut seorang tetangga, Adelina terlihat tidur di samping rottweiler (anjing penjaga rumah asal Jerman) setiap hari selama hampir dua bulan. Dia menolak berbicara dengan mereka yang menyapanya.

Mencurigai ada yang tidak beres, tetangga ini menghubungi seorang wartawan yang kemudian memberi tahu kantor perwakilan anggota dewan Bukit Mertajam. Lebih lanjut di sini.


Saksi sebut proyek KTP-e milik "gajah"

Mantan anggota Komisi II DPR dari fraksi PPP Nu'man Abdul Hakim saat bersaksi dalam sidang perkara korupsi KTP-elektronik, Senin, mengemukakan bahwa saat menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa menjawab proyek itu kepunyaan "gajah" ketika ditanya mengenai siapa yang memilikinya.

"Pak Agun jawab, ini kemungkinan gajah-gajah, jangan ikutlah. Jangan kita terlibat hukum, ya sudah lah saya tidak tanya lagi," kata Nu'man dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Nu'man menjadi saksi untuk Setya Novanto, mantan ketua DPR dan Ketua Fraksi Partai Golkar yang menjadi terdakwa dalam kasus korupsi dalam pengadaan KTP-Elektronik yang merugikan keuangan negara hingga Rp2,3 triliun.


Penyerang Gereja Santa Lidwina sudah teradikalisasi

Suliyono, pelaku penyerangan Gereja Santa Lidwina Bedog, di Sleman, Yogyakarta, diduga mendapat pengaruh radikalisme.

"Dia pernah tinggal di Poso, Sulawesi Tengah dan Magelang. Ada indikasi kuat yang bersangkutan ini mendapat paham radikal yang prokekerasan," kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin.

Tak hanya itu, Suliyono juga diduga pernah berencana pergi ke Suriah, tapi gagal.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018