Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 34 Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra akan secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada ketua umumnya, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden pada Pemilu 2019.

"Seluruh DPD dari 34 provinsi akan mendeklarasikan untuk mendukung pencalonan Pak Prabowo menjadi calon presiden 2019. Jadi yang mendeklarasikan adalah DPD-DPD di seluruh Indonesia," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, deklarasi itu akan dilakukan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Ke-10 Partai Gerindra serentak di seluruh provinsi, pada Minggu (11/3).

Dia mengatakan acara perayaan ulang tahun secara serentak tersebut merupakan inisiatif para pengurus daerah Gerindra di seluruh Indonesia.

"Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra sangat mengapresiasi langkah pengurus daerah yang menggelar acara hari jadi partai secara berbarengan dengan deklarasi Prabowo sebagai capres," kata Andre.

Munculnya rencana deklarasi serentak dari para pengurus daerah itu menggambarkan kebulatan tekad untuk kembali mengusung Prabowo bertarung dalam Pilpres 2019.

"Harapannya dari deklarasi ini, Pak Prabowo mau menerima dan mendeklarasikan diri untuk maju sebagai capres 2019," ujarnya.

Sejauh ini, kata Andre, Prabowo Subianto belum menyatakan diri untuk kembali bertarung di Pilpres 2019.

"Pada peringatan HUT Gerindra di DPP, Pak Prabowo menyatakan akan maju bila ada aspirasi dari masyarakat, bukan hanya sekadar polling yang ada. Nah, dengan deklarasi tersebut diharapkan Pak Prabowo segera menerima permintaan kami ini. Biar beliau segera mendeklarasikan dirinya," ucap Andre.

Ia berharap dengan deklarasi dari seluruh DPD Gerindra, Prabowo Subianto segera mendeklarasikan diri sebagai capres 2019 pada akhir Maret 2018 atau awal April 2018.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018