Jaringan internet membuat Sumbar tak bisa 100 persen UNBK

id Ujian Nasional Berstandar Komputer UNBK,UNBK,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

(ANTARA /Indrayadi TH)

Padang (ANTARA News) - SMA/SMK di Sumatera Barat belum bisa 100 persen melaksanakan Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) karena keterbatasan jaringan internet di daerah ini.

"Beberapa daerah di Sumbar belum terjangkau oleh jaringan internet yang memadai, di antaranya Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Solok Selatan dan Kabupaten Solok hingga tidak bisa UNBK," katan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Burhasman di Padang, Rabu.

Meski belum bisa 100 persen, SMA/SMK Sumatera Barat yang melaksanakan UNBK tahun ini meningkat signifikan dibandingkan 2017.  Tahun ini SMK yang telah melaksanakan UNBK mencapai 99 persen, sementara untuk SMA mencapai 86 persen. Sementara pada 2017 total sekolah yang melaksanakan hanya 40 persen.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyatakan akan mengupayakan pengadaan insfrastruktur pendukung UNBK melalui APBD dan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mekanisme dan kemungkinan lain untuk melengkapi infrastruktur komputer dan jaringan juga akan coba dijajaki sehingga tahun depan UNBK SMA dan SMK di Sumbar sudah bisa 100 persen.

Baca juga: Seluruh SMA/SMK di Jabar siap laksanakan UNBK

 

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar