KY angkat bicara soal mutasi hakim Kasus Bank Century

id Komisi Yudisial,Kasus Century,Hakim Effendi Mukhtar

Gedung Komisi Yudisial (igoman.blogspot.com)

Jakarta (ANTARA News) - Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wajdi menegaskan proses promosi dan mutasi atau demosi hakim tidak boleh dipengaruhi pihak atau lembaga selain Mahkamah Agung.  Farid menanggapi mutasi hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Effendi Mukhtar yang memutus praperadilan kasus Century beberapa waktu lalu.

"Proses mutasi, promosi atau demosi hakim sekalipun merupakan kewenangan Mahkamah Agung sepatutnya tidak dapat diintervensi oleh lembaga lain," ujar Farid melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, baik  mutasi, promosi, maupun demosi hakim harus memiliki standar atau ukuran yang obyektif. "Sehingga segala sesuatunya dapat dinilai dan dipertanggungjawabkan sesuai dengan indikator yang ada," jelas Farid.

 Farid mengatakan kebijakan mutasi hakim harus dapat dijelaskan sebagai proses yang sudah seharusnya dilakukan sebagaimana aturan MA atau peradilan di bawahnya.

Dengan kata lain kebijakan tersebut betul-betul dieksekusi karena memang sesuai dengan kebutuhan internal lembaga peradilan, tukas Farid.

Effendi adalah salah satu hakim dari 22 hakim yang menerima promosi dan mutasi setelah ditetapkan oleh Tim Promosi dan Mutasi (TPM) Mahkamah Agung yang diketuai langsung oleh Ketua MA Hatta Ali.

Effendi beberapa waktu lalu memutus praperadilan untuk kasus Century, dan dalam putusan itu dia memerintahkan KPK menetapkan Boediono sebagai salah satu tersangka dalam kasus ini.

 

Pewarta : Maria Rosari
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar