Purwokerto (ANTARA News) - Sejumlah ruas jalan nasional di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, salah satunya Jalan Gerilya, Purwokerto.

Dari pantauan Antara di Purwokerto, Jumat sore, beberapa lubang di Jalan Gerilya telah ditutup dengan material berupa kerikil dan gundukan atau gelombang di ruas jalan itu telah diratakan oleh pekerja proyek.

Informasi yang dihimpun ruas Jalan Gerilya yang selama ini dikeluhkan warga karena mengalami kerusakan parah, akan dicor beton sepanjang 4,8 kilometer dengan ketebalan 28 centimeter.

Pejabat Pembuat Komitmen Ruas Jalan Ajibarang-Banyumas-Klampok Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jawa Tengah Christianto Budi Raharjo membenarkan rencana perbaikan ruas Jalan Gerilya, Purwokerto, dengan menggunakan cor beton.

"Pekerjaan tahap pertama dimulai dari Bundaran Berkoh sampai Taman Rekreasi Andang Pangrenan. Sementara ruas jalan lainnya masuk dalam paket pekerjaan pemeliharaan perbaikan jalan rusak," katanya.

Ia mengatakan pekerjaan pemeliharaan nasional di Kabupaten Banyumas pada tahun 2018 secara keseluruhan mencapai 68 kilometer.

Selain Jalan Gerilya, kata dia, ruas jalan yang diperbaiki terdiri atas Buntu-Banyumas sepanjang 8,5 km, Banyumas-perbatasan Banjarnegara (8,2 km), Ajibarang-batas Kota Purwokerto (13,5 km), Jalan Pattimura Purwokerto (0,6 km), Jalan Yos Sudarso Purwokerto (1,4 km), Purwokerto-Patikraja (5,8 km), Patikraja-Rawalo (9,1 km), batas Kota Purwokerto-Sokaraja (4,9 km), Jalan Veteran (2,2 km), Kaliori-Sokaraja (5,8 km), dan Banyumas-Kaliori (2,7 km).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Banyumas Irawadi mengatakan pihaknya sudah cukup lama mengusulkan perbaikan sejumlah ruas jalan nasional tersebut dan selalu berkoordinasi dengan Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Jawa Tengah.

"Alhamdulillah, tahun ini bisa terealilasi sehingga diharapkan ke depan mobilitas dan transportasi di Kabupaten Banyumas makin baik. Ini adalah salah wujud keseriusan pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018