Tondano (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia setelah mengajar pada 10.000 siswa SMA/SMK se-Sulut bertempat di Wale Ne Tou Minahasa sekaligus melalui video conference, Rabu.

"Terima kasih atas penghargaan ini, saya selaku gubernur mendedikasikan prestasi kepada warga Sulut," ungkap Olly di Tondano, Rabu.

Penyerahan piagam penghargaan dari MURI kepada gubernur atas pemecahan rekor sebagai kepala daerah pertama mengajar kepada 10.000 siswa SMA/SMK secara langsung maupun melalui video conference.

Ia mengatakan untuk materi berkaitan dengan pendidikan kewarganegaraan empat pilar kebangsaan diantaranya Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pada saat menyampaikan materi, lebih kepada menanamkan pentingnya pemahaman empat pilar kebangsaan di kalangan generasi muda, termasuk sejak masih anak-anak.

"Pelajar saat ini merupakan calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang, jadi sangat penting menanamkan rasa cinta tanah air melalui pemahaman akan empat pilar kebangsaan," tuturnya.

Ia mengatakan Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan harga mati dan menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, tentunya juga buat kita warga Sulut.

"Kiranya Sulut semakin hebat, berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Berlandaskan empat pilar kebangsaan dan akan terus digemakan di bumi nyiur melambai. Dengan menanamkan ajaran ini kepada para pelajar di Sulut berarti menanamkan kecintaan akan tanah air Indonesia," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ritha Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Devi Kandouw-Tanos, Pj Bupati Minahasa Royke Mewoh, Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Helly Grace Mewoh-Pongoh, Forkopimda Sulut, Sekretaris Provinsi Edwin Silangen, jajaran pemerintah provinsi Sulawesi Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa, dan siswa SMA/SMK.

Baca juga: Pemantauan kelambu berinsektisida Papua masuk rekor MURI

Baca juga: Pengibaran bendera dasar laut peroleh Rekor Muri

Baca juga: Permainan angklung CPNS-Jokowi dapat rekor MURI

Pewarta: Martsindy Adelfrits Rasuh
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018