Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Parade Asian Games 2018 yang berlangsung di Kawasan Monumen Nasional Jakarta, Minggu.

"Pada 92 hari lagi kita semua akan menyelenggarakan event besar yang kedua setelah 1962. Itu adalah acara terbesar yang kita adakan dalam sejarah bangsa Indonesia," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutan Parade Asian Games.

Wapres mengatakan Parade Asian Games 2018 itu memperlihatkan berbagai kegiatan dan upaya Indonesia baik dari prestasi para atlet ataupun kemeriahan penyelenggaraan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

"Ada beberapa fungsi selain olahraga prestasi, juga persahabatan internasional serta ekonomi kreatif bagi bangsa Indonesia," kata Wapres.

Asian Games 2018 merupakan kegiatan besar dengan jumlah peserta atlet dan ofisial mencapai 18.000 orang atau enam kali lipat dibanding Asian Games di Jakarta pada 1962.

Sementara itu, sekitar 5.000 peserta dari berbagai komunitas, instansi pemerintah, serta sponsor-sponsor Asian Games memeriahkan Parade Asian Games yang berlangsung sepanjang kawasan Monumen Nasional, jalan M.H. Thamrin, hingga jalan Medan Merdeka Barat.

"Tujuan parade ini adalah untuk menggelorakan semangat dan partisipasi masyarakat dalam menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018," kata Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir.

Erick mengatakan parade itu juga akan digelar di Palembang sebagai bentuk edukasi dan hiburan, terutama pengenalan kekayaan budaya nusantara yang dibalut sentuhan kontemporer.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018