Bogor (ANTARA News) - Institut Pertanian Bogor (IPB) akan mengembangkan sentra-sentra penyuluh pertanian yang cerdas, dengan teknologi terbarukan di wilayah Bogor.

"Rencana ini sudah saya sampaikan ke bupati, dan bupati sepakat. Tinggal bagaiman mengeksekusinya, sedang kita bahas," kata Rektor IPB Dr Arif Satria, kepada Antara, Minggu.

Arif menyebutkan sentra-sentra penyuluhan pertanian tersebut nantinya akan menjadi pusat pendidikan bagi petani Bogor.

Upaya mendirikan sentra penyuluh pertanian ini adalah bagian dari kontribusi IPB untuk Bogor yang dianggap sebagai rumahnya IPB.

Bertepatan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536 ini, Arif berharap agar Bogor bisa menjadi kota yang hijau, ramah keluarga dan inovatif.

"Bogor adalah rumah kami (IPB) baik kota dan kabupaten, oleh karena itu IPB ingin berkontribusi untuk rumah kita ini," kata Arif.

Arif mengatakan, IPB semaksimal mungkin memberikan kontribusi agar apa yang dihasilkan oleh kampus terbesar di Bogor tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Upaya tersebut dilakukan dengan menjadi berbagai kerja sama dengan pemerintah kota dan kabupaten. Untuk Pemerintah Kota Bogor, lanjutnya, sudah banyak kerja sama yang dilakukan seperti layanan Mobil Curhat, pembinaan kelurahan ramah keluarga, dan bidang lainnya.

"Dengan Pemkab Bogor sudah kita lakukan kerja sama, tapi mau kita lebih kembangkan lagi khususnya bidang pertanian," kata Arif.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018