Makassar (ANTARA News) - Prof Mahfud MD ikut berbuka bersama 1.000 anak yatim piatu pada peringatan Nuzulul Qur`an 19 Ramadhan yang dilaksanakan civitas akademika Universitas Muslim Indonesia (UMI) di auditorium Al Jibra Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA di Makassar, mengatakan kedatangan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) di UMI bukan sesuatu yang baru.

"Prof Mahfud MD sebelumnya telah hadir pada kuliah umum di pascasarjana UMI. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih sering lagi ke UMI untuk meningkatkan prospek kampus kedepan," harapnya.

Kegiatab peringatan Nuzulul Qu`ran sendiri merupakan agenda tahunan yang telah di laksanakan UMI Makassar pada setiap bulan suci Ramadhan. Kegiatan itu sekaligus dirangkaikan kegiatan berbagi dengan anak yatim sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Sementara Mahfud MD saat membawakan hikmah Nuzulul Qur`an mengatakan pentingnya takwa dimiliki oleh setiap orang.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengajak meneladani Nabi Muhammad SAW terkait pentingnya menyelaraskan zikir dan pikiran secara seimbang.

Sebab jika hanya berfikir tanpa disertai zikir maka akan menyebabkan tindakan yang tidak terpuji termasuk diantaranya melakukan praktek korupsi.

Begitupun dengan jika hanya berzikir tanpa berfikir maka akan mengalami sebuah kemunduran dalam kehidupan duniawi.

"Karena jika hanya berzikir tanpa berfikir, maka yang bersangkutan tidak mampu memajukan masyarakat ataupun dirinya sendiri. Orang yang hanya mau berzikir dan tidak berfikir juga akan mudah ditipu orang," jelasnya.

Baca juga: Mahfud: TNI-Polri tak bisa dipisahkan dalam penangangan terorisme

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018