Beijing (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun dijadwalkan diterima Presiden Xi Jinping di Balai Agung Rakyat, Beijing, Rabu sore.

"Nanti pukul 17.00 dijadwalkan ditemui Presiden Xi. Rencana berangkat dari Wisma (Wisma KBRI) pukul 16.00," kata Djauhari kepada Antara.

Dalam kesempatan itu, dia akan menyerahkan surat kepercayaan atau kredensial sebagai Dubes RI untuk Cina dari Presiden RI Joko Widodo kepada Presiden Xi Jinping.

Djauhari bersama 12 duta besar lainnya yang berkedudukan di Beijing akan diterima Xi dalam waktu dan tempat yang sama.

Koordinator Fungsi Protokoler dan Kekonsuleran KBRI Beijing Ichsan Firdaus mengatakan bahwa dalam kredensial tersebut, Dubes Djauhari diberi kesempatan untuk memberikan kata sambutan selama 2 menit sebelum menyerahkan surat kepercayaan kepada Xi yang berdiri sekitar 1 meter dari posisi Dubes.

Setelah menyampaikan sepatah-dua kata sambutan penerimaan oleh Xi, keduanya akan foto bersama.

Djauhari mulai menjalankan tugas sebagai Dubes Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Cina merangkap Mongolia yang berkedudukan di KBRI Beijing pada tanggal 23 April 2018.

Sebelum bertugas di Beijing, diplomat karier kelahiran Beo, Sulawesi Selatan, 60 tahun silam itu menjadi staf ahli Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi.

Sebelum menjadi staf ahli, Djauhari menjabat Duta Besar RI untuk Rusia.

Baca juga: Dubes Djauhari ajak media China nikmati kuliner Nusantara

Baca juga: Dubes undang ratusan pengusaha China ekspansi Indonesia

Baca juga: Kim Jong Un kembali temui Xi di Beijing

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018