Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Rabu pagi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menyambut kedatangan peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

Menteri Budi Karya, didampingi Plt. Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Lollan Panjaitan, menyalami para pemudik yang tiba dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, tersebut.

"Gimana mudiknya lancar mas? Tahun depan ikut lagi ya," ucap Budi Karya sembari menjabat tangan salah satu pemudik yang tiba.

Budi juga terlihat membagikan balon kepada anak-anak kecil, dan bola plastik khusus anak laki-laki.

Ia menyebutkan pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Rabu ini sekitar 600 orang dan 300 unit sepeda motor dengan menggunakan KM. Sabuk Nusantara 85 dan KM. Sabuk Nusantara 95 untuk kapal penumpang, serta KM. Camara Nusantara 1 untuk mengangkut sepeda motor.

Sejak Senin (18/6) sampai Rabu (20/6), total motor dan penumpang yang terangkut pada arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok adalah sebanyak 699 motor dan 1.650 penumpang.

Kementerian Perhubungan mencatat Penyelenggaraan Mudik Gratis untuk sepeda motor dengan kapal tahun ini dengan rute Tanjung Priok-Tanjung Emas pada Arus mudik (H-8 sampai H-2) berjalan dengan aman dan lancar, bahkan cukup menggembirakan.

Hal itu karena masyarakat pengguna sepeda motor mulai melirik alternatif mudik bersama dengan moda transportasi laut.

Tahun ini, mudik gratis kapal laut mengangkut 4.165 unit motor dan 9.429 penumpang atau meningkat 67 persen untuk motor dan 77 persen untuk penumpang dibandingkan penyelenggaraan tahun 2017, yakni 2.458 unit motor dan 5.326 penumpang.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018