Sleman (ANTARA News) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta selama ini gencar mensosialisasikan kepada para pelaku jasa pariwisata untuk mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam melayani wisatawan.

"Dari sisi wisata keamanan adalah yang utama, seperti yang tercantum dalam Sapta Pesona. Kami sudah berkali kali melakukan pembinaan, kepada para pelaku jasa pariwisata baik itu jip wisata maupun penyedia wisata `out bond` dan lainnya untuk menguatamakan keamanan dan keselamatan," kata Kepala Dinas Pariswisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, Jumat.

Menurut dia, dari Kementrian Pariwisata juga sudah pernah datang ke Kabupaten Sleman dan sosialisasi soal keamanan angkutan wisata.

"Sosialisasi tersebut terkait bagaimana keamanan produk pelayanan jasa pariwisata dan `Standar Operational Procedur (SOP) dari layanan jasa pariwisata," katanya.

Ia mengatakan, terkait dengan pembinaan jasa pariwisata jip wisata baik itu yang ada di lereng Gunung Merapi maupun di objek wisata Taman Tebing Breksi Prambanan, pihaknya juga terus melakukan pembinaan dan sosialisasi melalui masing-masing asosiasi yang menaunginya.

"Pembinaan tidak henti-hentinya kami lakukan, hanya saja untuk jip wisata di lereng Merapi yang sampai saat ini jumlahnya besar lebih dari 800 unit aramada, memang cukup sulit dalam pembinaan dan pengawasannya. Sedangkan yang di Taman Tebing Breksi hanya terdapat 70 armada sehingga lebih mudah dalam pembinaan dan pengawasannyua," katanya.

Sudarning mengatakan, pihaknya juga terus mengimbau kepada pelaku jasa jip wisata untuk menghindari jalur-jalur yang bermanuver.

"Jip wisata bukan wisata `offroad`, ke depan kami harapkan lebih aman, cek kelaikan kendaraan. Kami akan melakukan pengawasan ketat melaui celah jasa pariwisata untuk melakukan KIR kendaraan bermotor, harus standar, dan bukan sekadar cek," katanya.

Ketua Asosiasi Jip Wisata Wilayah Barat Daldiri mengatakan jip wisata yang beroperasi harus melaksanakan semua SOP, yakni baik "rool bar savety balt" hingga kelengkapan operasional jip.

"Masing-masing ketua komunitas sudah mendapat sosialisasi. Saya sudah tekankan dan ingatkan agar SOP tersebut dijalankan. Ini untuk menghindari adanya insiden kecelakaan," katanya.

Seperti diberitakan, kecelakaan jip wisata tersebut terjadi pada Selasa 19 juni 2018 pukul 14.15 WIB di Dusun Tangkisan, Umbulharjo Cangkringan, Sleman.

Satu unit kendaraan Jeep Willys dengan nomor polisi H-8010-AB di rute jip lava tour Merapi terperosok ke dalam jurang sedalam empat meter. Kejadian tersebut akibat jip wisata yang dikemudikan Teguh Nugraha (43) warga Kaliurang Barat rt 05/rw 18, Hargobinangun Pakem, Sleman tersebut mengalami masalah pada setir kendaraan.

Sehingga kendaraan tidak dapat dikendalikan dan kemudian terperosok ke jurang sedalam empat meter.

Dalam kejadian tersebut satu korban meninggal dunia atas nama Ny Enny Fatmawati (42) warga Perum Bumi Mutiara RT 07 RW 33, Bojongkulon, Gunung Putri, Bogor.

Sedangkan korban luka yakni Sandhy Mas Nugroho (14) warga Cokro Tulung Klaten, Ngatmadi (54) warga Cokro Tulung Klaten, Ny Atik Rahmawati (40) warga Cokro Tulung Klaten dan Ny Sriyatun (52) warga Cokro Tulung Klaten.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018