Jakarta (ANTARA News) - NU Care-LAZISNU menyalurkan 238 hewan kurban pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1439 H, terdiri atas 83 ekor sapi dan 155 ekor kambing.

"Hewan kurban tersebut berasal dari sejumlah pejabat, perusahaan, partai politik, hingga masyarakat umum," kata Ketua NU Care-LAZISNU Ahmad Sudrajat di sela pemotongan hewan kurban di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Rabu.

Presiden Joko Widodo, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menristek Dikti Muhammad Nasir, Menpora Imam Nahrawi, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum PPP Romahurmuzi  masing-masing menyumbang satu ekor sapi.

Ada juga sapi bantuan dari MNC Grup, Bintang Toejoe-OPT/Extra Joss, dan minimarket Alfamart.

"Sementara 155 kambing berasal dari masyarakat," kata Sudrajat.

Di Gedung PBNU, panitia kurban menyembelih lima ekor sapi yang dagingnya dikemas dalam 1.900 bungkus untuk  dibagikan kepada masyarakat sekitar.

"Sisa hewan ternak itu didistribusikan ke sejumlah masjid dan pondok pesantren di DKI Jakarta, Banten, Bekasi, dan Bogor," kata Sudrajat.

Hewan kurban itu antara lain disalurkan ke Pondok Pesantren Ats-Tsaqafah Ciganjur, Pondok Pesantren Tanara Serang, Pondok Pesantren Ekonomi al-Ukhuwah Kedoya Jakarta Barat, Masjid an-Nahdlah PBNU, PCNU Jakarta Pusat, dan masjid-masjid di Jakarta Timur.

Selanjutnya LAZISNU masih menunggu rekap data nasional dari berbagai daerah di Indonesia dan juga cabang LAZISNU di luar negeri.

Baca juga: Sapi kurban terberat milik Presiden Jokowi di Istiqlal

Baca juga: Ujian warga Lombok saat Idul Adha

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018