P3JH saat ini membantu penanganan jamaah di Masjid Nabawi untuk tingkatkan pelayanan
Madinah (ANTARA News) - Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (P3JH) saat ini fokus untuk membantu jamaah haji Indonesia di Madinah seiring pergerakan mereka dari Mekkah.

"P3JH saat ini membantu penanganan jamaah di Masjid Nabawi untuk tingkatkan pelayanan," kata Kepala Derah Kerja Madinah Mohammad Khanif di Madinah, Minggu.

Dia mengatakan P3JH sudah mulai berada di Nabawi sejak tanggal 1 September atau beberapa hari setelah fase krusial Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) selesai.

P3JH sendiri dibentuk dengan tugas utama melayani jamaah haji Indonesia di Arab Saudi terutama di musim puncak haji yaitu fase Armuzna.

Selain itu, P3JH juga diturunkan untuk sebelum dan sesudah Armuzna. Di fase sebelum Armuzna mereka diturunkan untuk membantu jamaah di Masjidil Haram, Mekkah. Setelah itu, P3JH diturunkan untuk jamaah di Masjid Nabawi, Madinah.

Sebelumnya, Direktur Bina Haji Khoirizi H Dasir mengatakan P3JH adalah para petugas pelayanan umum tapi memiliki kemampuan medis.

Tim, kata dia, berisi sekitar 20 petugas yang berasal dari rumah sakit haji, Universitas Islam Negeri yang memiliki prodi kedokteran serta rumah sakit TNI/ Polri yang ditetapkan langsung oleh Kementerian Agama berdasarkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.

Berbagai tugas P3JH itu di antaranya membantu evakuasi, penanganan medis dan beragam pelayanan untuk jamaah haji di Makkah, Madinah dan Armuzna.

Baca juga: Laporan dari Mekkah - Jamaah di Madinah dapat layanan setara Mekkah

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018