Bandung  (ANTARA News) - Bakal calon Presiden RI, Prabowo Subianto, mengimpikan bisa membangun akademi keperawatan sebagai bentuk penghargaan kepada ibunya, Dora Marie Sigar.

"Dan saya punya cita-cita ingin mendirikan akademi perawat. Insya Allah akan terwujud karena saya ingin menghormati ibu saya," ujar Prabowo di hadapan ratusan wisudawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung di gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Rabu.

Prabowo menjelaskan, impiannya itu berdasarkan pada profesi ibunya yang seorang perawat sebelum menikah dengan ayahnya, Soemitro Djojohadikoesoemo.

Untuk mengenang jasa mendiang ibunya, Prabowo berencana membangun akademi perawat dengan nama Dora Marie Sigar.

"Nanti akademi perawat itu akan saya bangun dengan nama ibu saya. Insya Allah kalau Tuhan mengizinkan," kata dia.

Kepada ratusan wisudawan, ia mengungkapkan rasa terima kasih karena bisa mengenang kembali jasa ibunya. Ia pun meminta mereka untuk bekerja sepenuh hati karena profesi tenaga medis merupakan tugas mulia.

Tenaga medis, menurut dia,  sangat dibutuhkan, apalagi bagi orang yang sedang berada di tengah  medan perang. Para prajurit yang terluka menggantungkan hidupnya di tangan paramedis, apabila tidak segera ditangani maka nyawa menjadi taruhannya.

"Pekerja di bidang kesehatan, membutuhkan komitmen dan dedikasi serta keberanian yang tidak kalah dengan seorang prajurit tentara. Sebagai mantan prajurit saya sangat merasakan pentingnya seorang dokter, perawat, dan paramedis," kata dia.  

Baca juga: Prabowo utamakan investasi kesehatan dan pendidikan
 Baca juga: Prabowo-Sandiaga jalani pemeriksaan kesehatan selama tujuh jam

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018