Indramayu, Jabar (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Kabupaten Indramayu, Jawa Barat membawa bus dalam kegiatan "Road Show Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi", bertujuan membumikan isu-isu pemberantasan korupsi di masyarakat.

"Dengan adanya bus KPK diharapkan dapat membumikan isu-isu pemberantasan korupsi di masyarakat," kata Koordinator Road Show Bus KPK di Kabupaten Indramayu, Evi Handayani, di Indramayu, Selasa.

"Selain itu, KPK juga secara riil hadir di tengah-tengah masyarakat mensosialisasikan program-program antikorupsi," lanjutnya.

Menurut Evi dalam pencegahan korupsi dibutuhkan inovasi dan strategi, salah satunya dengan menghadirkan bus KPK yang bisa menjembatani upaya pencegahan korupsi dilakukan oleh KPK dan masyarakat umum.

Dia menjelaskan, bus KPK ini akan menempuh rute Jakarta-Semarang dengan melewati kota/kabupaten di Pantai Utara (Pantura) Jawa.?

Kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta melewati kota/kabupaten di Jalur Tengah Jawa dan berakhir di Kota Bandung.

"Ini juga upaya mempererat keterlibatan masyarakat dalam program-program KPK dan mengumpulkan masukan dan feedback tentang KPK, serta kolaborasi dan sinergi dengan pemangku kepentingan antikorupsi," katanya pula.

Dia menambahkan, di Kabupaten Indramayu dilakukan edukasi antikorupsi untuk pelajar dan masyarakat umum, sosialisasi e-LHKPN dan gratifikasi, kuliah umum, sosialisasi dan FGD aplikasi JAGA, sosialisasi pengaduan masyarakat serta peninjauan layanan publik.

"Kami juga banyak melakukan kegiatan di dalam bus KPK ini sebagai bahan edukasi dan lainnya. Kami ingin masyarakat paham dan mengerti dengan KPK," ujarnya pula.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018