Agama itu mendamaikan kehidupan. Karena itu agama harus ditebarkan dengan rasa cinta dan kasih sayang, bukan dengan kebencian."
Pangkalpinang (ANTARA News) - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifudin mengajak masyarakat se-Bangka Belitung khususnya para tokoh lintas agama menyebarkan agama dengan kecintaan, untuk memperkokoh kerukunan antarumat beragama di daerah itu.

"Agama itu mendamaikan kehidupan. Karena itu agama harus ditebarkan dengan rasa cinta dan kasih sayang, bukan dengan kebencian," kata Lukman Hakim Syaifuddin, saat berdialog bersama ratusan tokoh lintas agama di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, maraknya penyebaran hoaks di media sosial, mempengaruhi perilaku masyarakat dan kerukunan umat beragama sehingga masyarakat harus dapat menyikapi hal tersebut dari perspektif agama.

"Terlalu banyak masalah yang kita hadapi dalam kehidupan nyata. Jika menerima postingan yang buruk, cukup sampai di kita. Jangan disebarkan karena itu keburukan," ujarnya.

Agama mendamaikan kehidupan dan memanusiakan manusia. Manusia harus cermat menyikapi hal yang tersebar karena ada hal baik dan buruk. Saat menerima pesan harus mengetahui sumbernya agar tidak ikut menyebar keburukan karena akan mempengaruhi perilaku manusia.

Manfaatkan teknologi informasi untuk kehidupan yang lebih baik dengan menyebarkan hal-hal yang baik dan tinggalkan yang tidak baik agar kerukunan umat beragama terus terjaga.

"Mari kita sebarkan agama dengan kecintaan, bukan kebencian. Dan mari kita bersosial media dengan bijak, jangan menyebar keburukan," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018